Jakarta - Porsche Media Driving Academy yang berjalan dari 4-6 Juli 2017 di Circuit Sepang, Malaysia, betul-betul mengasah kekuatan jurnalis untuk berkendara dari basic sampai tingkat kesusahan tinggi. Semuanya materi yang didapatkan tidak saja diterapkan untuk circuit, banyak pula pengetahuan yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan keseharian, umpamanya mengatur tempat duduk pengemudi.

Mengatur tempat berkendara adalah hal krusial dalam berkendara. Pasalnya, reaksi mobil akan begitu ditetapkan oleh input dari pengemudi, serta sang pengemudi dapat juga rasakan input dari mobil bila tempat berkendaranya pas. Umpamanya, Anda akan ketahui seberapa besar roda belakang kehilangan traksi lewat pinggul Anda.

Yang pertama butuh dikerjakan, yaitu mengatur jarak tempat duduk. Letakkan kaki kiri pada ujung ruangan kaki, bila memakai mobil bertransmisi manual, jadi injaklah pedal kopling sedalam mungkin saja. Kemudian, geser kursi sampai lutut sedikit menekuk. Begitu, kemungkinan cedera kaki patah akan menyusut bila alami bentrokan hebat.

Kemudian, atur kemiringan kursi sampai Anda dapat meletakkan ke-2 tangan di arah jam 12 lingkar kemudi, kemudian letakkan tangan kiri di arah jam 09. 00, sedang tangan kanan di arah jam 03. 00. Atur kemiringan lingkar kemudi (tilt), hingga Anda dapat lihat info pada instrumental panel dengan terang.

Serta yang paling akhir, yakinkan sisi belakang badan melekat rapat dengan jok supaya Anda dapat rasakan gerakan pada mobil serta sepanjang bermanuver yakinkan tempat ke-2 tangan tidak beralih.

Itulah panduan untuk mengatur tempat berkendara dari instruktur professional Porsche Media Driving Academy. Ikuti laporan segera dari Malaysia oleh reporter Liputan6. com Amal Abdurachman setelah itu.