BREAKINGNEWS.CO.ID - Kasat Resrkim Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Edi Sitepu membenarkan ketiga pelaku begal yang menewaskan korbannya di Jalan Daan Mogot Jakarta Barat, masuk dalam anggota Geng Motor yang bernama GABORES di Jakarta Barat.

“Setelah kita lakukan penangkapan terhadap tiga pelaku, kita selidiki, ternyata para pelaku ini tergabubg dalam anggota geng motor bernama GABORES, yang singkatan dari Gabungan Bocah Rese” ujar Edi saat Rilis kasus pembegalan disertai pembunuhan di Mapolres Metro Jakarta Barat, Senin (11/3/2019).

Adapun para tersangka begal yang menewaskan korbannya tersebut ADO (17), BAD (17) dan CRO (17), diketahui berdasarkan keterangan Edi, saat beraksi, para pelaku melakukan penyamaran sebagai anggota polisi dan menuduh korbannya melakukan tawuran.

“Jadi saat beraksi, mereka (para pelaku) mengaku sebagai anggota polisi dan menuduh korbannya melakukan tawuran, ini adalah modus para pelaku untuk menggeledah tas korbannya” ujar Edi.

“Mereka ini berkeliling mencari sasaran yang mereka kasih kode dengan sebutan kijang," tambahnya.


Lanjut Edi sepeda motor yang dikendarai kawanan begal ini sewaktu beraksi menewaskan‎ Ivan (22) juga merupakan hasil curian.‎

‎"Berdasarkan pengakuannya, motor yang mereka gunakan ini hasil kejahatan di wilayah Kembangan," ujarnya.

Saat ini, tiga dari lima pelaku begal itu telah berhasil ditangkap dari tangan para pelaku, polisi turut mengamanka‎n dua buah celurit yang digunakan pelaku untuk menghabisi korban.

"Saat ini kami masih memburu dua pelaku lainnya dan semoga bisa kami amankan dalam waktu dekat," kata Edy.

Edy menjelaskan meski di bawah umur namun pelaku tetap dikenakan Pasal dalam KUHP lantaran perbuatan mereka dianggap telah melampaui batas.

Para pelaku dikenakan Pasal 338 KUHP tentang Pembunuhan dan 365 ayat (3) KUHP ‎tentang Pencurian dengan Kekerasan.

"Ancamannya hukuman pidana 15 tahun penjara," kata Edy.