BREAKINGNEWS.CO.ID -   Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) melalui Baznas Tanggap Bencana (BTB), bergerak cepat untuk membantu warga korban terdampak banjir di Jakarta, Rabu, (1/1/2020). Itu terjadi pasca hujan deras yang  mengguyur wilayah Jabodetabek sejak Selasa Sore (31/12) hingga dini hari. Kondisi tersebut  membuat sebagian besar wilayah Jabodetabek khususnya Jakarta terendam banjir dengan ketinggian yang bervariasi, mulai 30-200 cm.

Dengan menurunkan 10 personel, Tim BTB  langsung terbagi menjadi 2 tim, untuk mengevakuasi di 2 dua tempat, yakni daerah Cipinang Melayu dan Pinang Ranti, Jakarta Timur. Lokasi pertama yang dituju tim BTB untuk dilakukan evakuasi adalah kawasan Cipinang, Kebon Pala, Kampung Makassar, Jakarta Timur.

Dalam kondisi hujan yang masih mengguyur dengan intensitas sedang, tim  melakukan evakuasi kepada warga yang masih bertahan di rumahnya karena ketinggian air yang merendam sudah mencapai 100 cm lebih dengan menggunakan perahu karet.

Dalam aksinya, BTB mengutamakan evakuasi untuk anak kecil dan lansia lebih dulu, karena ketinggian air perlahan terus mengalami peningkatan hingga merendam seluruh bagian rumah.

Hal yang sama juga dilakukan oleh tim kedua, yang berada di Pinang Ranti. Berjumlah 5 personel, dengan menggunakan perahu LCR, Tim BTB  membantu evakuasi warga yang masih terjebak di rumahnya.

Selain  membantu  proses evakuasi,  tim BTB  juga  menyiapkan bantuan tambahan untuk mempercepat evakuasi korban yang masih terjebak di rumah masing-masing.

Kepala BTB  , Dian Aditya Mandana Putri mengatakan, warga terdampak banjir harus segara dievakuasi untuk diungsikan ke tempat yang lebih aman, mengingat hujan masih terus mengguyur sebagian besar kawasan Jakarta hingga pagi ini.