BREAKINGNEWS.CO.ID - Namanya sempat tidak dicantumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPD untuk Pemilu 2019, Oesman Sapta diloloskan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam DCT anggota perseorangan. OSO lolos dari lubang jarum.

Bawaslu meminta KPU memasukkan nama OSO ke dalam daftar calon tetap (DCT) anggota perseorangan DPD pada Pemilu 2019. "Memerintahkan terlapor untuk menerbitkan keputusan baru tentang penetapan daftar calon tetap perseorangan peserta pemilu anggota DPD tahun 2019 yang mencantumkan kembali daftar calon tetap," ujar Ketua Bawaslu Abhan membacakan amar putusan pada sidang atas gugatan OSO terhadap KPU di gedung Bawaslu, Rabu (9/1/2019). 

Bawaslu juga meminta KPU mencantumkan nama Oesman Sapta sebagai calon tetap perseorangan peserta Pemilu anggota DPD 2019 paling lama 3 hari kerja sejak putusan dibacakan. 

"Paling lama 3 hari kerja sejak putusan dibacakan," kata Abhan. 

Seperti diketahui, KPU tidak memasukkan nama OSO dalam DCT anggota DPD untuk Pemilu 2019 karena tidak menyerahkan surat pengunduran diri dari jabatan Ketum Hanura.

Atas persoalan itu, OSO lalu melaporkan KPU ke Bawaslu karena KPU menerbitkan surat Nomor 1492 tanggal 8 Desember 2018 yang mensyarakatkan pengunduran diri sebagai pengurus partai politik bagi calon anggota DPD RI Pemilu 2019. Keputusan KPU disebut pihak OSO bertentangan dengan putusan MA dan PTUN Jakarta. 

Tag