BREAKINGNEWS.CO.ID-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Timur memanggil caleg partai Gerindra terkait adanya peredaran atau pembagian kalender saat pembagian rapor di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda, Jalan Tipar Cakung, Jakarta Timur.

“Hari ini kita jadwalkan memanggil calegnya tersebut, namun kami belum tahu dia hadir atau tidak,” kata anggota Bawaslu Jakarta Timur Ahmad Syarifudin saat dihubungi, Jakarta, Senin (4/2/2019).

Ahmad membenarkan bahwa berdasarkan keterangan saksi benar adanya pembagian kalender kampanye dan peristiwa itu terjadi di dalam lingkungan sekolah. Oleh sebab itu Bawaslu Jaktim berharap caleg Gerindra yakni Abdul Salam Nur dan Zuhdi Mamduhi bisa beri keterangan sebenarnya.

“Terkait bagaimana caleg itu membagikan materi tersebut, kita masih membutuhkan keterangan dari caleg yang bersangkutan,” tuturnya.

Sebelum pemeriksaan menyasar pada caleg yang dimaksud, Bawaslu Jaktim sudah lebih dulu memeriksa pihak yayasan, kepala sekolah, dan para guru terkait pembagian kalender. Hasilnya pihak sekolah sudah mengakui adanya pembagian kalender tersebut.
“Kami juga sudah menemukan beberapa bukti materi bermuatan kampanye tersebut,” imbuh Ahmad.

Sebagai informasi, wali murid sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Huda Cakung Barat Jakarta Timur telah menyesalkan terjadi pembagian kalender Zuhdi Mamduhi, salah seorang calon legislatif DPRD DKI Jakarta asal Gerindra dapil 4 Jakarta Timur saat pembagian Rapor ke seluruh orang tua murid, Senin (7/1/2019) lalu.

Dalam kalender yang dibagikan tersebut ada foto caleg dan gambar mengarahkan untuk mencoblos nama caleg serta nomor undian umroh tertera di kalender. Sebelum kalender tersebut di bagikan, seluruh wali murid wajib menuliskan nama dan tandatangan.