BREAKINGNEWS.CO.ID - Tidak semua email yang kita terima itu sama pentingnya. Ada email penting yang ingin segera Anda balas. Ada juga email yang berisi informasi kurang penting. Google baru-baru ini mengumumkan jika mereka memperbarui aplikasi iOS dengan notifikasi cerdas.

Dijelaskan laman blog Google (14/6/2018), kehadiran fitur dengan menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) pada layanan Gmail, akan memperingatkan pengguna saat ada email penting yang masuk ke dalam kotak surat (inbox) Gmail, sehingga pengguna tahu kapan perhatian benar-benar diperlukan.

Google memutuskan fitur baru ini pertama kali bisa dipakai para pengguna perangkat iOS. Setelah itu dalam waktu dekat, para pengguna Android bisa mendapatkan fitur senada.

Notifikasi ini menggunakan mesin pembelajaran Gmail dan kecerdasan buatan untuk mengidentifikasi pesan-pesan yang mungkin ingin Anda baca terlebih dulu

Berkat kecerdasan buatan, email di kotak masuk bisa diatur agar hanya yang benar-benar penting atau prioritas tinggi yang akan muncul di layar iPhone dengan fitur Push Notification.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, Anda masuk ke aplikasi Gmail for iOS, lalu pilih email yang Anda gunakan. Pilih Pengaturan - Notifikasi - Hanya Prioritas Tinggi.

Setelah diaktifkan, aplikasi Gmail versi iOS akan memanfaatkan teknologi pembelajaran mesin (machine learning) untuk mengetahui pesan penting dan berhak untuk ditampilkan melalui notifikasi di layar.

Kehadiran fitur baru ini akan sangat berguna terutama bagi pengguna yang merasa terganggu dengan push notifications Gmail yang lebih sering menampilkan informasi dari akun media sosial atau promosi.

Dari sisi peladen (server), Google mengatakan bahwa fitur baru akan diluncurkan dalam waktu satu hingga tiga hari ke depan. Namun, Anda harus memiliki versi Gmail terbaru di perangkat iOS Anda untuk mendapatkan pengalaman notifikasi yang ditingkatkan.

Secara teknis, ini bukan pertama kalinya Google melakukan perubahan pemberitahuan email. Perusahaan yang dipimpin oleh Sundar Pichai ini pernah menawarkan kemampuan untuk menunda email tertentu sebagaimana dilansir Tech Times.

Inbox by Gmail, layanan email lainnya yang dibuat oleh Google, lebih dulu menyediakan fitur seperti prioritas pemberitahuan untuk memudahkan pengguna dalam menerima notifikasi penting saja.

Adapun fitur notifikasi prioritas yang didukung AI adalah salah satu dari pembaruan yang diluncurkan Google ketika mengumumkan perubahan desain Gmail pada April 2018.

Google juga membuat sebuah jalan pintas (shortcut) yang akan memungkinkan Anda berhenti berlangganan dari buletin dengan satu ketukan di layar.

Bagi para pengguna yang memang sering berkomunikasi via email, ratusan notifikasi yang masuk bisa membuat pusing. Google AI memang bukan solusi yang sempurna, tapi fitur ini sangat ampuh dan berjalan dengan baik.

Kebetulan, para penyedia layanan tengah meneliti kecanduan orang-orang terhadap teknologi dan internet.

Facebook, sebagai permulaan, telah mencoba merangsang pengguna untuk menghabiskan waktunya demi sesuatu yang lebih bermakna. Lantas Apple ingin membuat versi iOS yang bisa menurunkan kadar kecanduan orang terhadap ponsel. Ini adalah perubahan yang bagus dan menyenangkan.

Belum lama ini, Google juga telah melakukan pembaruan Gmail untuk Android. Lewat pembaruan tersebut, Gmail versi Android bisa menyesuaikan keinginan pengguna hanya dengan menggeser surel ke kiri atau kanan.

Sebelumnya, menggeser surat di kotak masuk akan membawanya ke arsip. Hal itu dinilai tidak berguna. Kini, dengan menggeser, pengguna benar-benar akan menghapus surel di kotak masuk selama tindakan yang dilakukan memang sesuai dengan cara kerja.

Sebenarnya, pembaruan yang dilakukan oleh Google untuk Gmail versi Android tersebut terbilang terlambat. Meski demikian, dilaporkan The Verge, pembaruan itu tetap belum tersedia untuk perangkat iOS dan baru akan terjadi dalam waktu dekat.