BREAKINGNEWS.CO.ID-Pertandingan tunggal putri antara petenis Inggris Johanna Konta dengan petenis Spanyol Garbine Murguruza membuat rekor tersendiri di Grand Slam Australia Terbuka 2019. Dual di partai terakhir dari rangkaian persaingan babak kedua yang digelar sepanjang Kamis (17/1/2019) itu baru dapat dilangsungkan sekitar pukul 00.30 Jumat (18/1) dini hari waktu setempat, dari semula dijadwalkan mulai 18.30.

Laga Johanna Konta vs Garbine Murguruza ini baru saja tuntas, yakni pukul 03.12 waktu setempat, atau pukul 23.12 Kamis jelang tengah malam WIB. Dari awalnya masih banyak disaksikan penonton, ketika pertandingan jelang berakhir tinggal beberapa saja yang masih bertahan , dan menjadi saksi dari kemenangan Garbine Murguruza.

Murguruza, juara Wimbledon 2017 itu, mengalahkan lawannya yang merupakan petenis terbaik Inggris saat ini dengan skor 6-4, 6-7 (3/7) dan 7-5.  

Konta berjuang keras di set kedua dan membuat momen superioritas, bergerak sejajar dengan memenangkan set kedua dengan tiebreak.

Gabrine Murguruza lolos ke babak ketiga.

Keterlambatan dimulainya pertandingan Konta dengan Murguruza ini disebabkan banyaknya pertandingan terdahulu yang durasinya panjang, di luar perkiraan, sehingga berdampak pada jadwal pertandingan sesudahnya.

Ada upaya untuk memindahkan pertandingan ini ke Court 3, namun hal itu tidak bisa dilakukan, karena lapangan tersebut dipenuhi oleh kotoran burung camar dan sudah sedikit panitia yang bertugas.

Itu juga yang menyebabkan kedua petenis harus menunggu hingga lewat tengah malam untuk mendapatkan jadwal pertandingannya di hari keempat turnamen ini. Laga Konta vs Murguruza menempati urutan kelima di Margaret Court  Arena, didahului laga-laga yang berakhir lima set dari kemenangan Kei Nishikori atas Ivo Karlovic dan selamatnya unggulan keempat Alexander Zverev dari comeback Jeremy Chardy. 

Dua pertandingan lainnya yang digelar di Margaret Court Arena adalah dari lolosnya Naomi Osaka ke babak ketiga, dan kemenangan mantan petenis terbaik dunia Venus Williams atas petenis Prancis Alize Cornet. 

Johanna Konta adalah petenis nomor satu Inggris saat ini, sementara Garbine Murguruza peraih tiga  gelar Grand Slam, termasuk Wimbledon. . 

Di sisi lain, Melbourne Park tidak beroperasi hingga larut malam, tidak seperti Grand Slam Wimbledon. 

Ketika hari keempat meresap ke dalam hari kelima, Inggris No. 1 tiba di pengadilan untuk waktu mulai terbaru dari setiap bentrokan dalam sejarah kompetisi.