BREAKINGNEWS.CO.ID - Hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) yang digelar Rabu (17/7/2019) akan segera diumumkan keesokan harinya.  Salah satu yang akan diumumkan adalah oleh bank sentral ini di Indonesia adalah  7-day Reverse Repo Rate atau suku bunga acuan.

Menyikapi hal itu PT Bank Mandiri Tbk berharap Bank Indonesia (BI) berharap akan adanya penurunan suku bunga acuan BI  sebesar 25 basis poin (bps). Mereka berharap dari suku acuan bunga selama ini  6 persen diturunkan menjadi 5,75 persen.

Menurut Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri Panji Irawan,  ruang BI untuk menurunkan suku bunga dinilai besar. Pasalnya kondisi perekonomian Indonesia saat ini cukup stabil.

"Terkait suku bunga memang ada harapan untuk diturunkan 25 basis poin, karena kemungkinan besar ada penurunan 25 basis poin oleh bank sentral Amerika Serikat (The Fed)," kata Panji Irawan, di Plaza Mandiri, Jakarta, Rabu (17/7/2019).

Penurunan sebesar 25 basis poin ini dianalisa cukup realistis bagi dunia perbankan saat ini. Apalagi jika nanti The Fed atau bank sentral Amerika Serikat (AS) juga menurunkan suku bunga acuannya. Ini membuat ruang bagi BI untuk ikut menurunkan bunga semakin lebar.

"Prediksi kami penurunan bunga acuan bagus untuk bank. Misalnya dari 6 persen ke 5,75 persen maka special rate di bank akan turun. Hal ini berdampak ke penurunan biaya dana dan pendapatan bunga jadi bagus," ujarnya.

Apabila BI menurunkan suku bunga acuannya tentu bisa menjadi angin segar bagi perbankan nasional. Sebab potensi pendapatan bunga menjadi meningkat. Panji menyatakan jika BI juga sudah melonggarkan giro wajib minimum (GWM) sebesar 0,5 persen. Hal ini membuat adanya tambahan likuiditas hingga Rp 4 triliun di perseroan dan Rp 25 triliun bagi keseluruhan perbankan nasional.

“Kami juga mengapresiasi kebijakan Bank Indonesia melalui pelonggaran Giro Wajib Minimun (GWM) kemarin karena memberikan ruang yang cukup bagi perbankan untuk meningkatkan penyaluran kredit,” tutupnya.

Sejak bulan Desember 2018 Bank Indonesia (BI) menahan Bank Indonesia (BI) 7-day Reverse Repo Rate atau suku bunga acuan pada angka 6,00 persen. Bank Indonesia juga menahan suku bunga Deposit Facility pada angka 5,25 persen dan Lending Facility 6,75 persen.