BREAKINGNEWS.CO.ID – Konsistensi Indonesia untuk tetap menjadi tuan rumah terbaik kepada pelaksanaan Pertemuan Tahunan  IMF dan Bank Dunia di tengah gempa yang mengguncang Sulawesi Tengah mendapat apresiasi dari banyak pihak.  Apalagi dalam pertemuan yang dihadiri tidak kurang dari 20 ribu delegasi dari 165 negara di Bali itu, gempa susulan terjadi lagi pada  Kamis (11/10/2018) dini hari WIB di daerah Situbondo, Jawa Timur.

Apresiasi itu disampaikan secara langsung oleh  Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim di Nusa Dua Bali. Selain mengungkapkan duka cita, Kim menyatakan Bank Dunia terus bekerjasama dengan pemerintah Indonesia dan siap memberikan bantuan jika diperlukan. "Dengan menyelenggarakan pertemuan ini, Indonesia menunjukkan kepada dunia sebagai negara yang kuat dan tangguh," kata Kim dalam konferensi pers di sela-sela Pertemuan Tahunan IMF-WB di Nusa Dua, Kamis (11/10/2018).

Indonesia, ujar Kim, telah menikmati pertumbuhan ekonomi yang kuat dan menyaksikan kemajuan upaya menghapuskan kemiskinan ekstrem.

PDB per kapita Indonesia meningkat dari 785 dolar AS pada 2000 menjadi lebih dari 3.800 dolar AS pada 2017.

Angka kemiskinan juga turun drastis dalam 18 tahun terakhir dari 19,1 persen menjadi 9,8 persen. "Ini adalah kemajuan yang mengesankan, dan kami yakin Indonesia bisa melanjutkan lintasan ekonomi ini di tengah tragedi yang baru-baru ini terjadi," kata Kim.

Kim juga menegaskan komunitas internasional berdiri bersama Indonesia dalam masa sulit ini.

Secara terpisah CEO Bank Dunia Kristalina Georgieva menawarkan bantuan untuk upaya rehabilitasi dan rekonstruksi wilayah yang terdampak gempa bumi di Lombok dan Sulawesi Tengah. Tawaran itu disampaikanya kepada Wakil Presiden RI Jusuf Kalla "Pada pertemuan hari ini saya menegaskan kembali bahwa Bank Dunia berdiri bersama dengan pemerintah Indonesia dan seluruh komunitas internasional dalam menghadapi tragedi ini," kata Kristalina.

 Indonesia, menurut dia, adalah negara tangguh dan berpengalaman dalam mengelola kesiapsiagaan, pembiayaan, dan respons terhadap bencana alam.

Bank Dunia sebagai mitra jangka panjang pemerintah Indonesia dalam bidang penanggulangan bencana, siap meningkatkan perannya untuk membantu Indonesia membangun ketahanan dan mempertahankan kemajuan ekonomi positifnya. "Saya senang menawarkan dukungan langsung kami kepada pemerintah, jika diperlukan. Dukungan ini akan tersedia atas permintaan pemerintah Indonesia," ujar Kristalina.

Dukungan yang diusulkan oleh Bank Dunia mencakup antara lain penambahan program perlindungan sosial untuk membantu masyarakat yang paling terkena dampak gempa bumi dan tsunami di Sulawesi, serta pendanaan untuk rekonstruksi dan rehabilitasi permukiman warga dan infrastruktur publik.