BREAKINGNEWS.CO.ID - Selain Presiden Joko Widodo yang memberikan bonus Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga akan berikan bonus untuk para atlet yang berhasil mendapatkan medali saat perhelatan Asian Games XVIII. Di mana bonus paling besar nantinya berhak didapat oleh atlet DKI Jakarta yang meraih medali emas.

“Rp750 juta kalau saya enggak salah yang emas,” ujar Wakil Ketua Badan Anggaran Muhammad Taufik di kantor DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Selasa (4/9/2018). Terkait nominal bonus, politikus Gerindra itu menyayangkan sikap Pemerintah Provinsi DKI Jakarta karena terlihat tidak serius sejak awal. Di mana jumlah bonus yang diberikan tidak sesuai pembahasan pada awal, artinya besaran bonus Rp750 juta baru diubah setelah atlet Jakarta rupanya banyak yang berbakat.

Meskipun demikian Badan Anggaran DPRD DKI Jakarta tidak mempermasalahkan jumlah tersebut dan ke depannya bisa menjadi pelajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta supaya lebih mempercayakan para atletnya. “Saya sih setuju ya, setuju. Saya kira cuma lain kali jangan begini. Ya dari awal mesti dilihat tanggung jawabnya institusi keolahragaan dari awal ngelihat dong. Jangan diujung aja. Terus kita seolah-olah, kayak gini, orang suruh bekerja sendiri, terus udah menang, kita aku-aku, gitu lho,” terang Taufik.

Bukan hanya perkara bonus, Taufik juga menyarankan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lebih memperhatikan nasib para atletnya baik sebelum mengikuti pertandingan besar dan setelah memenangkan pertandingan. “Untuk ke depan, untuk pembinaan prestasi segala macamnya, jangan karena keberhasilan individu orang-orang ini, kemudian kita mau ikut-ikut ngaku. Mesti ada upaya dari kita juga dong terhadap anak itu. Itu kan penghargaan atas prestasi. Cuma tadi saya bilang. Nanti kita ingetin dia, 'Eh lu jangan ngaku dong.' Berarti kan harus ubah Kepgub lagi kan,” pungkas dia.

Sebagai informasi, sebanyak 30 atlet DKI Jakarta berhasil meraup medali dalam Asian Games XVII sebagai rincian 10 medali emas, 11 medali perak dan 9 medali perunggu. Seluruhnya didapat dari berbagai macam cabang olahraga namun yang mendominasi yakni pencak silat.