BREAKINGNEWS.CO.ID - Setelah rampungnya tahap pendaftaran pasangan kandidat capres-cawapres dan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) untuk Pilpres dan Pileg 2019, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengharapkan semua kekuatan politik menahan diri, serta membantu pemerintah dan masyarakat mewujudkan suasana kondusif. Perang pernyataan, saling ejek dan sindir patut diakhiri.

"Dua pasangan kandidat capres–cawapres sudah final, kini waktunya bagi masing-masing koalisi partai pendukung capres-cawapres untuk melakukan konsolidasi. Perang pernyataan, saling ejek dan saling sindir yang mewarnai proses pembentukan koalisi partai dan penyaringan calon wakil Presiden patut diakhiri," papar Ketua DPR Bambang Soesatyo, Minggu (12/8/2018). 

"Dua pasangan kandidat capres–cawapres sudah final, sehingga tak perlu lagi diperdebatkan," tegas  Bamsoet dalam keterangan tertulisnya.

Agenda utama dalam persiapan Pilpres-Pileg 2019 sudah terlaksana. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menutup masa pendaftaran bakal calon presiden dan Wakil Presiden untuk Pilpres 2019 pada 10 Agustus 2018 lalu. Penutupan masa pendaftaran dilakukan setelah dua kandidat pasangan Capres-Cawapres mendaftar dan menyerahkan dokumen pencalonan. Masing-masing adalah pasangan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin dan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.