JAKARTA - Rayakan bulan penuh cinta yaitu Februari, beberapa film Indonesia turut menghiasi layar lebar. Salah satunya film yang diangkat dari sebuah novel berjudul Dillan 1990. Film ini masih menjadi perbincangan hangat. Kali ini giliran sang penulis novel dan sutradara film tersebut, Pidi Baiq, mengumumkan rekor terbaru. Bukan rekor dari segi jumlah penonton, namun penonton dengan umur termuda.

"Rekor. Untuk sementara rekor penonton film Dilan termuda diraih oleh Nafiza (umur dua bulan) dari padangan Pak Wawan dan Ibu Indri," tulis keterangan pada foto yang diunggah akun instagram @pidibaiq.

Film yang tayang 25 Januari 2018 ini menjadi film terlaris Indonesia tahun 2018. Kurang dari dua minggu, film Dilan 1990 telah berhasil menembus 3 juta penonton.

"Mumpung orang-orang sudah pada tidur sekarang. Satu lagi pengumuman yang saya curi dari akun @thepanasdalamovie_official Tunggu, barangkali akan ada pengumuman rekor-rekor lainnya yang bisa saya curi. Do'ain," tulis Pidi.

Sampai hari ketigabelas film Dilan 1990 hampir menembus angka 3.714.000. Film yang diproduksi Max Pictures tersebut masih tayang dan produser menargetkan ditonton setidaknya oleh empat juta orang. Dilan 1990 diangkat dari novel dengan judul yang sama.

Tak ada yang diubah saat diadaptasi ke layar lebar, hanya saja adegan per adegan diringkas dan beberapa dialog novel tak terpakai. Film berdurasi 110 menit itu disambut baik oleh masyarakat kemungkinan besar karena kisah unik tokoh utama juga gombalan anak remaja namun bisa meluluhkan hati yang mendengarnya.