BREAKINGNEWS.CO.ID - Masih lemahnya daya saing dan ketidakadilan yang kerap dialami oleh tenaga kerja Indonesia baik yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri turut menjadi sorotan cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno.

Meski demikian, dirinya mengaku takjub dengan kekayaan Indonesia, baik kekayaan alam maupun kekayaan manusianya. Namun, ia mengaku jika Prabowo-Sandi memiliki cara dengan meluncurkan rumah siap kerja agar tenaga kerja Indonesia link and match.

"Rumah siap kerja yang baru saja diluncurkan Prabowo-Sandi untuk siapkan anak-anak kita agar link and match. 61 pesen pengangguran kita adalah pemuda. Kita launching rumah siap kerja. Once stop services," kata Sandi dalam debat ketiga antar cawapres yang berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019) malam.

Selain itu, dengan cara merekrut dunia usaha untuk membesarkan tenaga kerja untuk magang dan lain sebagainya diyakini Sandi juga dapat mendorong meningkatkan tenaga kerja yang mumpuni. "Dengan cara seperti itu, mereka bisa hadirkan kebutuhan dunia usaha. 2 juta pengangguran bisa diatasi dalam 5 tahun," tuturnya.

Sandiaga yang juga mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan bahwa tanpa tenaga kerja yang mendapatkan pekerjaan yang layak, juga berpengaruh terhadap perekonomian.

"Bagaimana Indonesia bisa masuk ekonomi 7 besar di dunia. Jika anak-anak Indonesia tidak diberikan pekerjaan yang layak. Yang dibutuhkan anak-anak muda kita adalah peluang dan siap kerja. Mereka bisa disiapkan jadi wirausaha, mereka bisa gabung dengan OK OCE," ujarnya.

"Ke depan, kami yakin dengan pendidikan rumah siap kerja, bukan hanya tingkatkan keterampilan, para tenaga kerja akan siap bersaing. Dan ketidakadilan pun tidak akan terjadi. Karena pengangguran tidak butuh belas kasihan tapi kesempatan. Saya yakin banyak anak-anak muda Indonesia yang bisa berkarya untuk Indonesia menang," pungkas Sandiaga.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada debat ketiga ini mengusung tema tentang pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan serta sosial dan kebudayaan. Debat kali ini juga dipandu oleh Alfito Deanova dan Putri Ayuningtyas sebagai moderator debat.

Debat antar cawapres ini juga disiarkan secara langsung oleh Trans TV, Trans 7 dan CNN Indonesia TV. Debat antara cawapres nomor urut 01, Ma'ruf Amin dan cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno ini akan dimulai pada pukul 20.00 WIB.