BREAKINGNEWS.CO.ID-Video Assistant Referee (VAR) akan mengambil peran di Liga Champions. Teknologi itu akan diterapkan UEFA mulai di babak 16 besar Liga Champions 2018-2019 ini.

Dengan demikian, dua pertandingan yang mengawali persaingan babak 16 besar Liga Champions 2018-2019 yang dilangsungkan dini hari WIB nanti, yakni antara Manchester United vs Paris Saint Germain dan AS Roma vs Porto, sudah memanfaatkan teknologi VAR.

UEFA memutuskan penggunaan VAR di Liga Champions pada awal Desember 2018. Disepakati, keputusan penerapan VAR sejak babak 16 besar yang berarti lebih cepat dari rencana semula.

Sebelumnya UEFA  UEFA berencana menggunakan VAR di Liga Champions pada musim depan. Namun Presiden UEFA Aleksander Ceferin menilai percepatan ini akan membawa manfaat tersendiri.

"Kami siap untuk menggunakan VAR lebih awal dari yang direncanakan dan kami yakin bahwa itu akan bermanfaat bagi kompetisi kami," kata Ceferin, yang baru saja terpilih kembali sebagai Presiden UEFA.

"Itu karena akan memberikan bantuan yang berharga untuk official pertandingan dan memungkinkan mengurangi keputusan yang salah," sambungnya.

Komite UEFA juga memutuskan akan menggunakan VAR pada final Liga Europa 2019, final UEFA Nations League 2019, dan final Piala Eropa U-21.

Musim depan, Premier League juga akan menerapkan VAR. Liga Inggris mengikuti jejak Liga Spanyol, Liga Italia, dan Bundesliga, yang lebih dulu menerapkannya.