BREAKINGNEWS.CO.ID - Ajang  pencarian bakat Dangdut LIDA 2020 yang telah hadir pada awal tahun ini, kini telah memasuki babak TOP 12. Dari total 70 Duta yang telah berjuang untuk mewakili 34 provinsi kini menyisahkan 12 Duta terbaik yaitu Dini (Sumatera Utara), Diyah (Jawa Timur), Hamid (Nusa Tenggara Timur), Wulan (Banten), Andari (Sulawesi Barat), Hari (Jambi), Meli (Sumatera Utara), Nia (Sulawesi Selatan), Aco (Sulawesi Tenggara), Eva (Nusa Tenggara Barat), Gunawan (Maluku Utara), dan Janna (Papua Barat) yang masih bertahan untuk berjuang dan merebut gelar sebagai Duta LIDA 2020.

Pada babak ini, selain tetap harus tampil prima,  para peserta tersebut juga mendapat tantangan dari para juri saat berkolaborasi dengan  para bintang LIDA serta D’Academy. Sebagai peserta Pembuka di babak Top 12 group 1 yakni   Dini (Sumatera Utara), Diyah (Jawa Timur), Hamid (Nusa Tenggara Timur) dan Wulan (Banten) berupaya untuk tampil totalitas di konser LIDA 2020 Show Top 12 Group 1 yang berlangsung semalam (29/3).

Sebagai peserta pembuka Hamid (Nusa Tenggara Timur) berhasil tampil memukau dengan Irwan DA dalam lagu “Kembalikanlah dia”, hal ini terlihat dari Standing ovation yang diberikan oleh semua Dewan juri kepada duta asal Nusa Tenggara Timur tersebut.

Menurut  Reza DA  penampilan dirinya malam ini sudah bagus, suara tipis yang menjadi karakter Hamid dalam membawakan sebuah lagu sudah dapat dikatakan cukup kuat ,namun masih kurang bulat sehingga terkadang artikulasi dari beberapa lagu terdengar masih kurang jelas. Nasib yang sama  terjadi dengan duta asal Jawa Timur yaitu Diyah yang berhasil merampung empat Standing Ovation dari para dewan juri atas penampilan dirinya dalam membawakan lagu “Ae dil hal mushkil” bersama Fildan DA.

Menurut Dewi Persik penampilan Diyah sudah sangat sempurna dari suara, penampilan diatas panggung dan gaya sudah sangat sesuai dengan karakter yang ada di dalam dirinya sehingga terlihat sangat natural. 

Kejutan pun kembali hadir di  dalam kolaborasi yang diperlihatkan  Wulan  (Banten) yang berduet dengan Ical DA dalam mebawakan lagu “Oleh-oleh” dan Dini (Sumatera Utara) yang berduet   dengan  Rara   LIDA  dalam   lagu   “Maling”   kembali   berhasil   mendapatkan  Standing   ovation  dari   para   Dewan   juri, “Penghayatan kamu sudah bagus dan kolaborasi kamu dengan Rara sudah sangat sempurna malam ini” tutur  Elvy Sukaeshi kepada  Dini.  Hal serupa   juga  disampaikan oleh pelantun   lagu “Seperti  mati   lampu”,   Nassar   kepada Wulan (Banten) yang mengungkapkan penampilan Wulan bersama Ical DA malam ini sudah sangat sempurna dan dapat dinikmati..

Perolehan sementara Konser LIDA 2019 Show Top 9 Grup 1 menempatkan Wulan (Banten) berada di posisi terakhir. Namun perolehan ini masih dapat berubah-ubah menyesuaikan dengan besarnya dukungan dari pemirsa serta penilaian Dewan Juri yang diakumulasi. Keempat peserta masih memiliki satu kali kesempatan lagi untuk tampil maksimal di  Konser LIDA 2019 Top 12 Result Grup 1 Senin (30/3/2020) malam ini