BREAKINGNEWS.CO.ID-Klaten yang masuk wilayah Jawa Tengah, adalah tempat keren dengan ragam kuliner yang ciamik. Terdapat gerai kuliner yang sudah cukup lama mewarnai kehidupan warga Klaten.

Resep leluhur yang dijaga ketat, membuat gerai kuliner di Klaten bisa tetap bertahan. Tak hanya itu semakin lama, malah semakin banyak peminatnya. Banyak wisatawan datang dari berbagai kota di Indonesia. Hal yang menggembirakan bagi industri pariwisata Klaten.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, mengatakan, kuliner turun-turun di Klaten mesti terus dijaga kelangsungannya. “#PesonaMudik2019 ini momentum pas untuk mempromosikan kuliner Klaten,” ungkap Arief.

Arief berharap masyarakat tahu lokasi gerai kuliner lezat di daerah ini. “Makanya mesti ada kemauan dari pengelola untuk menginformasikan lokasi dan keunggulan kulinernya di media sosial,” ujar Arief.

Nah, berkaiatan kuliner di Klaten, berikut ini kami beberkan 10 kuliner ajib di kota ini.

1.Sop Ayam Pak Min
Sop Ayam Pak Min sudah terkenal di Klaten. Bahkan menyebar di kota besar Indonesia. Sop ayam ini biasa disebut dengan sop ayam pecok.

Sop ayam pecok tak memakai jahe dan santan untuk kuahnya. Dalam sajiannya, sop ini memakai ayam kampung sebagai kaldunya. Efeknya rasa gurih dan lezat Anda akan peroleh ketika menikmati kudapan ini. Lokasinya berada di jalan Mayor Kusmanto No. 23, Klaten.

2. Nasi Tumpang Lethok
Mau sarapan nikmat di Klaten? Cari saja kudapan nasi tumpeng lethok. Ya, kuliner ini berisi daun pepaya, bayam, nangka muda, daun jeruk, telur rebus, krecek, dan parutan kelapa. Lalu, disiram dengan kuah sambal tumpang (lethok) yang terbuat dari campuran tempe, cabai, santan, dan lain-lain.

Rasanya enak dan harga terjangkau. Jika mau makan ini, Anda dapat datang ke jalan Mayor Kusmanto dan daerah Perlimaan Bramen, Klaten.

3. Ayam Panggang Klaten
Mampir ke Klaten jangan lupa cicipi ayam panggangnya. Lezat. Di tempat ini ada beberapa ayam panggang yang sohor. Antara lain gerai Ny. Anggraini di jalan Rajawali No.113 dan Toko Florida, jalan Pemuda No. 61, Klaten.

Bumbu untuk ayam goreng dengan campurah beragam rempah dan santan jadi kunci kelezatannya. Cara masak ayamnya diungkep, membuat bumbu teras lebih meresap.

4. Soto Bebek dan Bebek Bacem
Gerai soto bebek dan bebek bacem ini berada di daerah Karanglo, Gondang, Klaten. Salah satu gerai soto bebek yang legendari adalah soto bebek Bu Siswo yang sudah berdiri sejak 1953.

Warung soto ini juga menyajikan bebek bacem. Tersedia bebek bacem goreng dan bakar. Rasanya ditanggung gurih dan lezat.

5. Bakmi Miroso
Gerai bakmi miroso tak asing di telinga masyarakat Klaten.

Warung ini menyediakan beragam olahan chinese food.
Tersedia beragam menu, antara lain cap cay, mie goreng, beragam olahan ayam, dan lainnya. Lezat rasa makanannya, tinggal pilih sesuai selera. Lokasinya berada di gang Kawung 5, Klaten.

6. Sate Kambing Pak Suli
Mau makan sate enak di Klaten? Datang saja ke gerai sate Pak Suli. Warung Sate ini berada di jalan Pemuda, depan depan kantor Pertanahan, Klaten.

Sate kambing dengan daging yang empuk dipadu bumbu rempah, membuat kuliner ini lezat. Wajar bila tempat ini selalu ramai dikunjungi banyak orang.

7. Lontong Bu Mirah
Warung lontong Bu Mirah sudah ada sejak 1945. Saat ini dikelola oleh keturunan Bu Mirah, Bu Handoko.

Kelebihan makanan ini ada pada pemakaian ayam kampung asli. Efeknya terasa lezat saat dicicipi. Racikan bumbu opor dengan memakai berbagai rempah menjadi kunci kelezatan makanan ini. Lokasinya berada di jalan Anggrek, Klaten, Klaten Tengah, Kabupaten Klaten

8. Soto Ayam Barokah
Ketika berkunjung ke Klaten, soto ayam barokah mesti masuk dalam list tempat makanan lezat. Ya, inilah salah satu soto yang banyak diburu pencinta kuliner di Klaten dan kota di sekitarnya.

Soto dengan mangkuk kercil ini memakai daging dan racikan bumbu yang tepat. Wajar banyak orang suka dengan rasanya yang lezat. Lokasinya berada di jalan Alun-alun Timur, Klaten.

9. Bebek Goreng Pak Tohir
Jika jalan-jalan ke Klaten dan mau makan bebek goreng enak, Anda mesti mampir ke Bebek Goreng Pak Tohir. Lokasinya berada di daerah Besole, Ceper, Klaten.
Bebek gorengnya enak lantaran diolah kering. Sambal bawang yang pedas juga menjadi kunci kelezatan makanan ini.

10. Kepelan
Kuliner satu ini dibuat dengan bentuk seperti kepalan tangan. Kudapan ini terbuat dari tepung gandum, bawang merah, bawang putih, merica, dan garam.

Makanan ini asyik dinikmati dengan saus sambal. Gurih, pedas dan nikmat. Lokasi pedagangnya berada di desa Keden, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten.