BREAKINGNEWS.CO.ID-Arsenal melindas Rennes 3-0 pada leg kedua babak 16 besar Liga Eropa untuk memastikan tempatnya di babak perempat-final. The Gunners sukses menembus fase delapan besar dengan keunggulan agregat 4-3 atas pesaingnya dari Prancis itu. Tim Gudang Peluru harus menelan kekecewaan saat dilibas 1-3 oleh Rennes kala away dua pekan silam. Namun, tim asuhan Unai Emery membalasnya dengan ganti mengalahkan lawannya lebih pada leg kedua Jumat (15/3/2019) dini hari WIB tadi di Arsenal Stadium, London, 3-0.

Dari laga leg kedua, Arsenal langsung menggebrak dan Pierre-Emerick Aubameyang mencetak gol cepat di menit kelima. Ainsley Maitland-Niles membuat kedudukan menjadi 2-0 setelah 15 menit dengan sundulan. Arsenal sudah memimpin gol tandang dari agregat sementara 3-3 itu, di mana the Gunners sudah memastikan lolos ke babak perempat-final.

Namun, Arsenal tak mengendorkan permainannya. Aubameyang mencetak gol ketiga bagi Arsenal pada menit ke-72 dari tendangan jarak dekat untuk membuat Arsenal unggul 4-3 dalam agregat.

Kemenangan 3-0 dan sekaligus keunggulan 4-3 dalam agregat itu bertahan hingga wasit Andris Treimanis dari Latvia meniup peluit panjang. Namun, sebelum itu, di menit ke-73 Aubameyang kembali beraksi dengan tiba-tiba berlari ke bangku cadangan dan mengeluarkan sesuatu yang ternyata topeng 'Black Panther'.

Aubameyang mengenakan topeng dari salah satu 'superhero' komik itu dan wasit Andrid Treimanis mengganjarnya dengan kartu kuning.

Mungkin saja wasit Andris Treimanis menganggap perayaan keberhasilan mencetak dua gol dari Pierre -Emerick Aubameyang itu berlebihan. Namun, puluhan ribu pendukung the Gunners yang memadati London Stadium tetap senang, seperti memperoleh penghiburan tersendiri. Toh, Aubameyang sudah mencetak dua gol, Arsenal sudah lolos ke perempat-final.

Pierre-Emerick Aubameyang, kelahiran 18 Juni 1989 di Mayene, Prancis, baru bergabung di musim panas lalu dengan Arsenal. Pemain timnas Gabon ini sebelumnya menjadi andalan di Borussia Dortmund. Di Arsenal, Emery berhasil menjinakkan Aubameyang yang sebelumnya dikenal temperamental.

Aubameyang mengakui, dia sebenarnya sudah menyiapkan kostum 'Black Panther' itu saat menghadapi Manchester United di laga pekan ke-30 Premier League akhir pekan lalu di Emirates. Dia berencana memakainya di akhir pertandingan. Namun, entah kenapa dia tak jadi mengenakannya. Padahal, Aubameyang mencetak gol penentu kemenangan timnya atas Manchester United kala itu, dari eksekusi penalti yang mengecoh kiper David de Gea. Kemenangan 2-0 Arsenal waktu itu sekaligus juga mengakhiri catatan tak terkalahkan Manchester United dari 12 pertandingan di Premier League.

Arsenal kini lebih diperhitungkan. Penampilannya yang eksplosif saat mengalahkan Manchester United 2-0 dan Rennes 3-0 dini hari tadi mengingatkan akan masa-masa emas the Gunners saat ditangani Arsene Wenger. Namun, Unai Emery memang sosok yang tepat jika berbicara persaingan di Liga Eropa. Emery sukses mengantar Sevilla merebut Trofi Liga Eropa tahun 2014, 2015 dan 2016p--sebelum dia hengkang ke Paris Saint Germain (PSG). Tidak ada manajer dalam sejarah kontes Liga Eropa yang mampu melakukan pencapaian hat-trick sebagaimana Unai Emery melakukannya bersama Sevilla itu.

Ironisnya, Sevilla sendiri kini gagal menjejak ke babak perempat-final Liga Eropa 2018/2019. Wakil Spanyol itu tersingkir dari persaingan menembus fase delapan besar setelah menyerah 3-4 pada Slavia Praha (Ceko) melalui perpanjangan waktu pada laga leg kedua babak 16 besar, dini hari tadi di Eden Arena, Prague. Sevilla sebelumnya hanya mampu bermain imbang 2-2 di leg pertama.

Sevilla gagal mengikuti jejak dua wakil Spanyol lainnya, yakni Valencia dan Villareal.

Valencia unggul agregat 3-2 atas Krasnodar (Rusia), sementara Villareal memimpin 5-2 atas Zenit St Petersburg (Rusia).

Klub tangguh yang juga gagal menempatkan dirinya di babak perempat-final adalah Inter Milan. Sukses menahan imbang Eintracht Frankfurt tanpa gol saat away, Inter Milan justru dipermalukan lawannya 0-1 kala home pada leg kedua babak 16 besar dini hari tadi di San Siro, sehingga il Nerazurri kalah agregat 0-1 dan terdepak dari persaingan ke babak perempat-final.

Sementara Inter Milan harus gigit jari, wakil Italia lainnya, Napoli, sukses melenggang ke perempat-final dengan keunggulan agregat 4-3 atas Racing Bull Salzburg (Austria).

Sebagaimana Spanyol, Inggris juga diwakili oleh dua tim di babak perempat-final Liga Eropa ini. Selain Arsenal, ada Chelsea. The Blues lolos ke perempat-final dengan keunggulan agregat 8-0 atas Dynamo Kyiv (Ukraina).

Satu tim perempat-finalis lainnya adalah Benfica (Portugal), yang menyisihkan Dinamo Zagreb (Kroasia) dengan agregat 3-1. Kalah 0-1 kala away di kandang Zagreb, Benfica membekap lawannya 3-0 melalui perpanjangan waktu pada leg kedua.

HASIL PERTANDINGAN LEG KEDUA BABAK 16 BESAR
Krasnodar vs Valencia 1-1 (agregat 2-3)
RB Salzburg vs Napoli 3-1 (agregat 3-4)
Dynamo Kyiv vs Chelsea 0-5 (agregat 0-8)
Villareal vs Zenit 2-1 (agregat 5-2)
Arsenal vs Rennes 3-0 (agregat 4-3)
Slavia Praha vs Sevilla 4-3 (agregat 6-5)
Benfica vs Dinamo Zagreb 3-0 (agregat 3-1)
Inter Milan vs Eintracht Frankfurt 0-1 (agregat 0-1)