JAKARTA - Atletico Madrid sukses menjadi juara Liga Europa 2017-2018 setelah mengalahkan Olympique Marseille pada laga final, Kamis (17/5/2018). Los Colchoneros menang 3-0 pada pertandingan yang dilangsungkan di Groupama Stadium, Lyon, berkat brace Antoine Griezmann (21', 49') dan satu gol Gabi (89').

Gelar ini menjadi keberhasilan ketiga bagi Atletico sejak menjadi juara pada 2010 dan 2012. Dua gelar terakhir Liga Europa Atletico tersebut dipersembahkan oleh pelatih Diego Simeone.

Atletico menjadi tim yang lebih efektif kendati cuma memiliki 46 persen penguasaan bola. Dari tujuh peluang, mereka berhasil mencetak tiga gol berbanding 10 tembakan milik Marseille. Gol pertama Atletico tercipta pada menit ke-21 melalui aksi Antoine Griezmann. Diawali kesalahan André Zambo Anguissa saat menerima operan dari kiper Steve Mandanda, bola berhasil dikuasai oleh Gabi Fernandez. Dia lantas mengoper ke Griezmann yang berdiri bebas sebelum mencetak gol.

Dalam posisi tertinggal 0-1, Marseille mendapatkan pukulan berikutnya. Mereka kehilangan Payet yang mengalami cedera saat laga baru berjalan setengah jam. Tak kuasa menahan kesedihan, Payet menangis ketika meninggalkan lapangan. Hingga rampungnya babak pertama, kedudukan belum berubah. Atletico masih memimpin 1-0.

Pada babak kedua, Marseille tidak banyak memberikan perlawanan. Cederanya Dmitri Payet sangat tampak telah memengaruhi performa Marseille. Empat menit babak kedua berjalan, Atletico sudah berhasil memperbesar keunggulan melalui gol kedua Antoine Griezmann. Menerima umpan Koke, Griezmann berhasil menggiring bola hingga berhadapan dengan Mandanda sebelum melepas sebuah sepakan cungkil yang tidak mampu diantisipasi.

Alih-alih menipiskan ketertinggalannya, Marseille malah kebobolan lagi di menit ke-89. Gabi mencetak gol ketiga untuk Atletico dengan memanfaatkan umpan dari Koke.

Susunan Pemain
Marseille: Mandanda; Sarr, Rami, Luiz Gustavo, Amavi; Anguissa, Sanson; Thauvin, Payet (Lopez 32'), Ocampos (Njie 55'); Germain (Mitroglou 74')

Atletico Madrid: Oblak; Vrsaljko (Juanfran 46'), Gimenez, Godin, L. Hernandez; Correa (Thomas 88'), Saul, Gabi, Koke; Diego Costa, Griezmann (Torres 90')