BREAKINGNEWS.CO.ID-Atletico Madrid memperoleh tambahan tiga angka vital setelah mengalahkan Athletic Bilbao 3-2 dalam lanjutan pertandingan La Liga, Minggu (11/11/2018) dini hari WIB di Stadion Wanda Metropolitano. Ini merupakan kemenangan keenam Atleti di La Liga Spanyol, menggenapkan koleksi mereka menjadi  23 angka dari 12 pertandingan.  Jumlah poin ini membawa mereka unggul dua angka dari Espanyol yang baru bertanding pada Senin (12/11) dini hari WIB melawan Sevilla di Ramon Sanchez Pijzuan.
 
Tiga gol kemenangan Atletico Mdrid dicetak oleh Thomas Partey (61), Rodri Hernandez (80), dan Diego Godin (90+1). Sementara dua gol Athletic Bilbao dibuat oleh Inaki Williams pada menit 36 dan 64.

Atletico Madrid yang pada pertandingan sebelumnya menang 2-0 dari Borussia Dortmund di Liga Champions, kali ini kembali memakai formasi 4-4-2. Mengandalkan Antoine Griezmann dan Diego Costa, tuan rumah kesulitan untuk mencetak gol sepanjang babak pertama.

Menghadapi formasi 4-3-3 milik tim tamu, pasukan Diego Simeone unggul jauh dalam penguasaan bola. Mereka justru mendesak Athletic Bilbao untuk bertahan dan mengandalkan serangan balik. Namun, kreasi tuan rumah tampak minimal di sepertiga terakhir lapangan.

Menit ke-10, kerjasama Griezmann dan Filipe Luis berakhir dengan umpan untuk Costa. Namun, di tengah kerumunan, Atletico gagal. Kiper Athletic, Iago Herrerin sukses mementahkan bola. 26 menit berselang, tim tamu yang unggul lebih dahulu.

Umpan silang Markel Susaeta yag ditanduk Mikel San Jose membentur tiang. Bola muntah diselesaikan Inaki Wlliams jadi gol ketiganya musim ini. Gol yang berlawanan dengan arus permainan ini tak bisa dibalas tuan rumah hingga turun minum.

Diego Simeone kemudian mengubah taktik di awal babak kedua. Vitolo dan Gelson Martins dimasukkan. Hasilnya, terjadi gol penyama kedudukan pada menit ke-61. Melihat ada ruang, dari luar kotak penalti Thomas Partey menembak telak ke sudut atas gawang Herrerin dan masuk.
Namun tiga menit berselang, Athletic kembali unggul. Penglihatan Iker Muniain yang cemerlang membuatnya mampu mengirim bola jitu yang diambil Inaki Williams. Berhadapan satu lawan satu dengan kiper Jan Oblak, Williams mudah saja menaklukkannya.

Drama belum berhenti di sana. Ketika Athletic memutuskan untuk lebih bertahan, saat itulah Atletico menghukum mereka. Gol penyama kedudukan lahir pada menit ke-80, ketika Rodri menyelesaikan umpan Thomas Partey. Bola mengenai tiang terlebih dahulu sebelum masuk, tanpa bisa diapa-apakan lagi oleh Herrerin.

Saat Athletic mengira bisa mengamankan angka, Griezmann melepaskan umpan silang yang ditanduk Diego Godin masuk gawang tim tamu. Sempat terjadi perdebatan karena hakim garis mengangkat bendera offside, namun Video Assistant Referee (VAR) memastikan gol itu sah. Atletico Madrid menang 3-2 di menit terakhir, dan mengubur harapan tim tamu.