BREAKINGNEWS.CO.ID - Dengan semakin gesitnya perkembangan mobile processor serta aplikasi game yang kian banyak digemari, ponsel gaming telah menjadi semacam kebutuhan. Pengguna sudah tak perlu lagi khawatir ponselnya bakal nge-lag, cepat panas, atau kehabisan storage saat menjalankan aplikasi game karena sudah diantisipasi dengan spek perangkat keras yang mumpuni.

Memalui jajaran produk ROG Phone (Republic of Gamers) adalah label khusus gaming milik Asus yang pertama kali diluncurkan pada pembukaan pameran teknologi Computex 2018 di Taipei, Taiwan. Sebelumnya, Asus lebih dulu memperkenalkan istilah Asus ROG untuk menyebut jajaran laptop gaming.

Seperti dilansir dari GSMArena, Jumat (22/06/2018), Selain menawarkan desain fisik yang futuristik, Asus juga mengenalkan beraneka macam aksesori yang kompatibel dengan ROG Phone. Tujuannya apalagi kalau bukan untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat bermain game.

ROG Phone dilengkapi panel layar AMOLED yang terkenal jernih dan tajam. Ukuran layarnya sebesar 6 inci dengan resolusi 1080 x 2160 piksel serta aspek rasio layar 18:9. Tidak ada yang spesial di bagian ini dibandingkan kebanyakan ponsel high-end pada umumnya kecuali jenis layarnya yang lebih baik dari IPS LCD seperti yang digunakan pada Razer Phone dan Black Shark.

ROG Phone dipacu oleh prosesor berjenis Snapdragon 845 yang sudah dioprek hingga menghasilkan kecepatan pemrosesan lebih tinggi hingga 2,96 GHz. Untuk diketahui, nilai default kecepatan Snapdragon 845 adalah 2,8 GHz. Meski kenaikannya tidak cukup signifikan, kecepatan prosesor 2,96 GHz sudah tergolong tinggi untuk memberi tenaga sebuah ponsel gaming yang juga disokong oleh pengolah grafis Adreno 630.

Ponsel ini sudah dilengkapi dengan 8 GB RAM dan penyimpanan internal sebanyak 128 GB atau 512 GB, tanpa slot mikro SD. Cukup masuk akal untuk mengantisipasi ukuran file dan data aplikasi game yang maha besar misalnya game-game seperti Metal Gear Rising Revengeance (5,5 GB), Asphalt 8 (3 GB), Need For Speed (3 GB), GTA San Andreas (2,44 GB), dan sebagainya. Jadi tidak lucu, kalau ponsel gaming kok penyimpanan internalnya masih di bawah 32 GB.

Dengan kapasitas baterai 4.000 mAh, ROG Phone diklaim bisa bertahan bermain game secara nonstop hingga tujuh jam. Bagian menariknya adalah baterai ponsel ini dilengkapi dengan teknologi Hypercharge 20W. Teknologi tersebut mampu meningkatkan proses pengisian daya hingga 20W, sekaligus menurunkan temperatur saat pengisian daya. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 33 menit untuk mengisi daya hingga 60% dan 60 menit untuk mengisi daya hingga 85%.