BREAKINGNEWS.CO.ID – Industri game di Indonesia semakin berkembang setiap tahunnya, hal ini pun membuat laptop gaming menjadi komoditas yang sangat menjanjikan. Seluruh vendor laptop di Tanah Ait juga terus berlomba berebut hati konsumen dengan menyajikan produk terbaik.

Akan tetapi, ASUS mengklaim jika mereka menjadi penguasa pangsa pasar laptop gaming di Indonesia. Merek ini memiliki sub-brand gaming populer yang diberi nama ROG (Republic of Gamers). Hal ini diperkuat dari dukungan data dari pihak ASUS.

"Dari data GfK sampai kuartal ketiga kemarin, tepatnya di akhir bulan September 2018 lalu, penguasaan pasar ASUS untuk laptop gaming high end berbasis grafis terkuat itu mencapai 59,8 persen di Indonesia," ujar Galip Fu selaku Country Product Marketing Manager ASUS pada Selasa (13/11/2018).

Selain itu, Galip juga menyebutkan jika belum banyak pihak yang menyadari ASUS sebetulnya sudah mendominasi pangsa pasar untuk segmen laptop gaming berbasis kartu grafis NVIDIA GTX, kartu grafis ini dianggap memiliki strata tinggi pada laptop gaming.

"Dominasi lini notebook ROG berbasis Nvidia GTX merupakan bukti bahwa ASUS tetap menjadi pilihan utama di segmen tersebut," tegas Galip.

Jika melihat data dari ASUS dibandingkan kuartal kedua di tahun yang sama, tahun 2018, pangsa pasar laptop gaming berbasis NVIDIA GTX dari ASUS mengalami peningkatan yang sangat besar dengan perolehan pangsa pasar sebesar 13,1 persen.

Lebih detil lagi berdasarkan pembagian kelas NVIDIA GTX yang digunakan, per akhir kuartal ketiga tepatnya pada September 2018, market share ASUS untuk laptop gaming berbasis NVIDIA GeForce GTX1050 mencapai 48,4 persen. Adapun di segmen GeForce GTX1050Ti dan GeForce GTX1060, sukses menginjak angka mencapai 73,7 serta 72,0 persen.

"Di segmen laptop gaming berbasis GeForce GTX1070, pangsa pasar ASUS di Indonesia memang masih belum besar. Ke depan, kita akan banyak menghadirkan varian laptop gaming yang diperkuat oleh GPU tersebut tambahnya,” pungkas Country Product Marketing Manager ASUS itu.

Sementara itu, pada segmen laptop gaming teratas, mereka juga sudah menghadirkan dua buah laptop gaming tertipis Zephyrus M GM501 dan paling bertenaga yaitu ROG G703 dengan dipersenjatai prosesor Intel Core i9.