BREAKINGNEWS.CO.ID - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, pada akhirnya mengumumkan pelarangan pengoperasian seluruh pesawat Boeing tipe 737 MAX 8. Pelarangan tersebut muncul di tengah kuatnya tekanan global usai insiden yang mematikan dengan jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines.

"Kami akan mengeluarkan perintah larangan darurat terkait semua penerbangan Boeing 737 MAX 8 dan 737 MAX 9," ujar Trump kepada wartawan di Gedung Putih, Washington DC, AS, Rabu (13/3/2019), melansir AFP. Jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines menimbulkan tekanan global yang kuat. Sejumlah negara berbondong-bondong mengeluarkan larangan penerbangan dengan pesawat jenis tersebut.

Pesawat Ethiopian Airlines jatuh pada Minggu (10/3) lalu tak lama setelah lepas landas dari Addis Ababa, saat hendak menuju Kenya. Sebanyak 157 penumpang beserta awak kapal dilaporkan meninggal dunia. Insiden itu merupakan yang kedua kalinya terjadi pada pesawat jenis Boeing 737 MAX 8 dalam kurun waktu kurang dari lima bulan. Sebelumnya, penerbangan Lion Air JT-610, yang menggunakan pesawat jenis serupa, menghadapi insiden mematikan pada Oktober 2018 lalu. Insiden jatuhnya pesawat di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat merenggut 189 nyawa di antaranya.

Sebelumnya, AS memastikan tidak akan melarang pengoperasian Boeing 737 MAX walaupun mendapat desakan dari berbagai pihak. "Sejauh ini, hasil pemeriksaan kami tak menunjukkan masalah performa yang sistematik dan tak ada dasar untuk melarang pesawat itu," ujar Kepala Badan Aviasi Federal AS (FAA), Daniel Elwell, dalam sebuah pernyataan.