BREAKINGNEWS.CO.ID - AS Roma akan menjamu FC Porto pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Laga tersebut bakal digelar di Stadion Olimpico, Roma, Rabu (13/2/2019) dini hari WIB. Tim tuan rumah lolos dari fase grup dengan status sebagai runner up Grup G di bawah Real Madrid.

Edin Dzeko dan kawan-kawan mengoleksi poin 9 dari 6 pertandingan. Sementara itu, tim tamu berstatus lebih baik yakni sebagai juara Grup D dengan poin 16. Dari enam pertandingan, hanya sekali tim asal Portugal itu meraih hasil imbang. Lima pertandingan lainnya sukses disudahi dengan kemenangan.

Akan tetapi, Roma baru saja mendapatkan suntikan moral setelah menang meyakinkan dalam lanjutan Liga Italia melawan Chievo 3-0. Sedangkan Porto hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan tuan rumah Moreirense dalam lanjutan Primeira Liga Portugal.

Pelatih AS Roma Eusebio Di Francesco, meminta pasukannya menunjukkan ambisi demi membangkitkan kembali antusiasme. "Permainan ini adalah peluang besar untuk menghasilkan kinerja besar dan membawa kembali antusiasme. Hanya ada dua tim Italia yang tersisa di kompetisi, kami bangga menjadi salah satu dari mereka. Kami harus membidik posisi tinggi."kata Di Francesco dilansir chicagotribune.com.

Kenangan Musim Lalu

Pada musim 2017/2018, AS Roma menunjukkan performa yang mengejutkan di Liga Champions. Mereka sampai di babak semifinal sebelum akhirnya disingkirkan oleh Liverpool. Hebatnya lagi, saat itu Roma menyingkirkan Barcelona di babak perempat final dengan agregat sama kuat 4-4. Akan tetapi, Roma berhak lolos karena mencetak satu gol tandang.

Capaian itu, merupakan kali kedua Roma mencapai semifinal Piala Champions/Liga Champions. Mereka mengulangi prestasi di musim 1983/1984.

Catatan Buruk Porto

Porto sendiri juga punya catatan kurang baik tiap kali melawat ke markas tim asal Italia. Dari 7 kali laga melawat ke Negeri Pizza, mereka kalah 6 kali dan hanya bisa merebut satu kemenangan saat kalahkan AC Milan di San Siro dengan skor 2-3 pada September 1996. Sejak menjuarai Liga Champions pada musim 2003/2004, Porto memang tak pernah lagi menghentak Eropa. Setelahnya, mereka hanya dua kali mampu menembus fase perempat final, sementara itu, dalam lima laga terakhir bermain di fase gugur, Porto tidak pernah menang dengan catatan 1 kali imbang dan 4 kekalahan. Catatan yang kurang baik mengingat mereka juga tak pernah raih hasil positif di Italia.