ROMA – AS Roma akhirnya berhasil mengikuti langkah Juventus lolos ke babak perempat final Liga Champions usai menaklukan Shakhtar Donetsk dengan skor tipis 1-0 dalam laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions pada Rabu (14/3/2018) dini hari WIB di Stadio Olimpico, Roma.

Di paruh pertama, AS Roma yang wajib menang di laga ini masih kesulitan untuk menguasai jalannya pertandingan. Tampil di depan publiknya sendiri, mereka justru kerap melakukan kesalahan sendiri.

Shakhtar yang unggul agregat 2-1 pun mampu tampil apik di babak ini. Namun skor imbang tanpa gol harus bertahan hingga turun minum.

Memasuki paruh kedua, AS Roma akhirnya berhasil membuka keunggulan lewat bomber andalan mereka Edin Dzeko pada menit ke-52. Dzeko berhasil membobol gawang Shakhtar yang dikawal oleh Andriy Pyatov dan membawa AS Roma sementara unggul 1-0.

Di sisa waktu yang ada, tim tamu mencoba untuk tampil menekan demi menciptakan gol. Berkali-kali mereka mencoba mengancam gawang AS Roma. Namun, beberapa upaya yang mereka lancarkan belum juga membuahkan hasil dan akhirnya wasit pun meniup peluit panjang. Dengan hasil ini, AS Roma berhak untuk lolos ke babak selanjutnya setelah unggul gol tandang dengan agregat 2-2.

Susunan Pemain Kedua Tim:

AS Roma: Alisson; Federico Fazio, Kostas Manolas, Aleksandar Kolarov, Alessandro Florenzi, Daniele De Rossi, Kevin Strootman, Radja Nainggolan, Edin Dzeko (Stephan El Shaarawy 89'), Diego Perotti, Cengiz Under (Gerson 65')

Shakhtar Donetsk: Andriy Pyatov; Yaroslav Rakitskiy, Ivan Ordets, Ismaily, Bohdan Butko, Taison, Taras Stepanenko (Alan Patrick 74'), Fred, Facundo Ferreyra, Bernard, Marlos (Dentinho 82')