PEKALONGAN - Meningkatnya volume kendaraan yang melintasi tol fungsional di wilayah Pekalongan membuat laju kendaraan di ruas tol tersebut menjadi tersendat. Kondisi tersebut terjadi di setelah rest area Kalangdepok Pemalang hingga Pekalongan pada Minggu (10/6/2018).

Kendaraan yang didominasi oleh kendaraan pribadi milik pemudik pun terpaksa berjalan pelan yang mencapai kecepatan 10 km/jam. bahkan diantara kendaraan tersebut lebih banyak yang berhenti. Laju kendaraan yang paling lambat tersebut dirasakan di KM 331 selepas rest area Kalangdepok, Pemalang. "Tidak tahu nih ada apa, sejak tadi selepas rest area tersendat," kata Sunarto (35) pemudik dari Jakarta tujuan Solo itu.

Menurutnya, di rest area tersebut sedianya ia hanya ingin beristirahat untuk berbuka puasa dan mengisi bahan bakar kendaraannya. Namun oleh petugas jaga di pintu rest area, dirinya disuruh melanjutkan perjalanan karena rest area dan antrian BBM penuh. "Kita mau istirahat berbuka dan isi BBM mobil, tapi disuruh petugas untuk terus jalan alasanya penuh. Padahal BBM tinggal satu strip," katanya.

Tak heran jika selepas rest area tersebut banyak ditemukan pemudik yang menepikan kendaraannya untuk beristirahat sambil berbuka puasa.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Pekalongan, AKP Bobby Anugrah Rachman mengatakan adanya penumpukan kendaraan tersebut terjadi karena antrean kendaraan yang ingin menuju rest area. "Pada mengantre masuk ke rest area dan over capacity, akhirnya mengantre di jalan," katanya. Selain itu, katanya penumpukan di jalur tol fungsional juga karena adanya peningkatan jumlah kendaraan yang masuk terutama waktu berbuka puasa hingga selepas pukul 19.00 WIB.