JAKARTA - Apa makna atau maksud kata Flagship pada produk Smartphone? Jika Anda seringkali membaca berita mengenai Android, Anda pasti seringkali temukan kata atau istilah “flagship”, terutama bila artikel itu menyampaikan kabar mengenai produk baru yang dikenalkan oleh vendor spesifik. Untuk Anda yang masih tetap pemula mungkin saja juga akan bertanya-tanya mengenai makna dari arti “flagship” itu.

Flagship yaitu satu produk andalan dari satu vendor yang disebut produk “inti” dari semuanya produk yang mereka hadirkan. produk flagship dapat juga disimpulkan jadi produk paling baik atau produk yang ada di kelas tertinggi (dapat pula disebutkan jadi produk termahal) yang dipunyai oleh satu vendor. Misalnya seri Xperia “Z” yang dipunyai oleh Sony, seri Galaxy “S” oleh Samsung serta seri “G” dari LG yang masing-masing adalah seri smartphone andalan mereka.

Terkadang memang suatu vendor mempunyai lebih dari satu produk flagship, serta hal tersebut boleh-boleh saja. Umumnya produk itu dijadikan referensi paling utama oleh konsumen dimana bila produk flagship yang dipunyai satu vendor dinilai bagus, maka produk lain dibawah kelasnya juga akan dianggap bagus. Padahal penilaian tersebut tidak sepenuhnya benar. Dan suksesnya pemasaran produk flagship pada suatu vendor biasanya akan secara efektif mendongkrak kepopuleran vendor yang bersangkutan.

Jadi, arti literalnya, flagship bermakna yang paling penting dalam kelompok tertentu, ponsel High-end yang sarat dengan semuanya fitur paling baru. Sebuah ponsel unggulan terbaru dari sebuah perusahaan dimana mereka telah menempatkan semua upaya mereka untuk membuat ponsel tersebut terlihat unik dan out of the box. Boleh juga dikatakan produk flagship sama dengan produk premium.