BREAKINGNEWS.CO.ID-Arsenal mengawali tahun 2019 dengan kemenangan dengan menghajar Fulham 4-1 pada derby London di matchweek 21 Premier League, Selasa (1/1/2019) malam di Emirates Stadium. Raihan tiga angka dari Fulham membuat The Gunners mempertahankan kedekatannya dengan Chelsea, tetap berselisih dua angka. Chelsea di urutan keempat dengan 43 angka, Arsenal 41. Namun, Chelsea masih memiliki satu laga. Chelsea baru akan memainkan matchweek 21-nya Rabu (2/1) malam atau Kamis (3/1) mulai pukul 02.45 WIB dini hari nanti, dengan menjamu Southampton di Stamford Bridge.

Di Emirates, empat gol kemenangan The Gunners atas Fulham dibagi rata empat pemain, masing-masing Granit Xhaka (25), Alexandre Lacazette (55), Aaron Ramsey (79), dan Pierre-Emerick Aubameyang (83). Fulham sempat menipiskan ketinggalan berkat gol Aboubakar Kamara. Fulham makin terpuruk di zona degradasi, di posisi 19 dengan 14 angka.

Arsenal mencoba langsung tampil menggebrak sejak menit pertama. Sayang beberapa peluang yang didapat masih belum mampu membuahkan hasil. Fulham bukannya tanpa peluang. Ryan Sessegnon hampir sama membobol gawang Bernd Leno andai saja ia sukses menyamput crossing terukur yang dilepas Andre Schurrle.

Arsenal akhirnya sukses membuka keunggulan berkat gol Xhaka di menit ke-25. Menerima crossing dari Alex Iwobi, Xhaka yang berdiri bebas melakukan sekali kontrol sebelum menaklukkan Sergio Rico.

Timnya Unai Emery mendapat beberapa peluang untuk menambah keunggulan di sisa babak pertama. Namun skor 1-0 tetap bertahan hingga turun minum.

Di awal babak kedua, Emery melakukan perubahan taktik dengan memasukkan Lucas Torreira untuk menggantikan Shkodran Mustafi. Sementara Claudio Ranieri di kubu tim tamu belum melakukan pergantian pemain.

Arsenal sukses menggandakan keunggulan menjadi 2-0 lewat gol Lacazette di menit ke-55. Sebuah kerja sama  antara Aubameyang dan Kolasinac diakhiri Lacazette dengan tembakan yang menghujam gawang Rico.

Satu jam laga berjalan, Ranieri akhirnya bereaksi dengan memasukkan dua pemain sekaligus, masing-masing Kamara yang menggantikan Schurrle dan Jean Michael Seri yang berganti tempat dengan Ibrahima Cisse.

Perubahan ini membawa dampak positif. Kamara sukses memperkecil skor menjadi 1-2 lewat gol yang ia cetak di menit ke-69, ketika ia sukses meneruskan assist dari Sessegnon.

Setelah itu, giliran perubahan dari Emery yang langsung membuahkan hasil.  Ramsey yang baru di menit ke-75 dengan  menggantikan Lacazette, sukses memperbesar keunggulan Arsenal menjadi 3-1 di menit ke-79.

Umpan Kolasinac coba dicocor Aubameyang di depan gawang Rico. Namun bola masih mengenai tiang. Bola rebound mendarat di kaki Ramsey yang dengan tenang melepas tembakan ke pojok kanan gawang tim tamu.

Aubameyang melengkapi kemenangan Arsenal menjadi 4-1 lewat gol yang ia cetak di menit ke-83. Tembakan keras penyerang asal Gabon itu sempat mengenai Tim Ream dan melaju keras tanpa bisa dihadang Rico.

Unai Emery membela keputusannya untuk mengganti pencetak gol Alexandre Lacazette dengan Aaron Ramsey di menit ke-75, yang saat itu langsung mendapat cemoohan dari sebagian besar penonton. Fans The Gunners agaknya kesal dengan rencana kepergian Ramsey ke Juventus

"Saya memahami apa keinginan mereka," kata Emery. "Secara taktik kami berpikir pada saat itu kami perlu berubah untuk keseimbangan lebih. Yang terpenting, kami tahu gelandang Fulham Jean Michael Seri akan datang dan kami membutuhkan pemain yang dekat dengannya, agar tidak membiarkannya bermain dengan mudah dengan bola," papar pelatih dari Paris Saint Germain (PSG) yang menggantikan Arsene Wenger itu.

"Ramsey dapat melakukan itu dan juga membantu kita dalam serangan, dan dia mencetak gol. Alasannya adalah ini. Saya perlu melakukan pekerjaan saya. Dan tidak mungkin karena setiap pendukung dapat memiliki pendapat yang berbeda, secara taktik,"jelas Unai Emery.

Sebelumnya, The Gunners menderita kekalahan terberat mereka musim ini pada hari Sabtu (29/12) ketika mereka dipermak Liverpool 1-5 di Anfield.

Data & Fakta

Arsenal (3-4-1-2): Leno 6; Mustafi 5 (Torreira 45, 6), Sokratis 6, Koscielny 5.5; Maitland-Niles 6; Guendouzi 7, Xhaka 6, Kolasinac 7; Iwobi 8 (Saka 83); Lacazette 7 (Ramsey 75, 6), Aubameyang 7.5.

Cadangan tak dimainkan: Cech, Elneny, Lichtsteiner, Nketiah.

Gol: Xhaka 25, Lacazette 55, Ramsey 79, Aubameyang 83

Fulham (3-4-3): Rico 7; Odoi 6, Ream 6, Le Marchand 5.5; Christie 5 (Fosu-Mensah 56, 6), Cairney 6.5, Cisse 6 (Seri 61, 6), Bryan 6; Schurrle 5.5 (Kamara 61, 6.5), Mitrovic 6, Sessegnon 6.

Cadangan tak dimainkan: Bettinelli, Johansen, Ayite, Vietto.

Gol: Kamara 69

Kartu kuning:Fosu-Mensah

Wasit:R Graham Scott 6