BREAKINGNEWS.CO.ID-Raihan tiga angka dari kemenangan telak 5-1 atas tim promosi Fulham pada derby London di matchday-8 Premier League 2018, Minggu (7/10/2018) malam di Craven Cottage, membuat Arsenal melompat tiga tingkat dari semula di urutan ke-6 kini menjejak di posisi ketiga dalam klasemen sementara.

Arsenal membukukan 18 poin dari delapan pertandingan yang sudah dijalani. The Gunners unggul satu gol dari Tottenham Hotspurs yang sama-sama memiliki nilai 18. Manchester City dan Liverpool menempati dua posisi teratas dengan akumulasi nilai yang sama yakni 19 dari tujuh pertandingan. Liverpool akan menjamu City pada matchday-8 Minggu malam ini di Anfield, dan siapa pun pemenangnya berhak bercokol di peringkat pertama sebagai tim yang belum terkalahkan.

Sementara, posisi Arsenal di urutan ketiga belum aman karena bisa disalip Chelsea, yang beberapa saat lagi akan melakoni laga ke-8 di kandang Southampton. Jika The Blues meraih tambahan tiga angka di St Marry's Stadium maka mereka sah menyalip Arsenal.

Chelsea saat ini berada di posisi ke-5 dengan nilai 17 dari tujuh pertandingan.

Laga di St Marry's akan menjadi momentum buat The Blues memperpanjang dominasi atas The Saints.

Tiga poin tentu saja menjadi harga mati buat Chelsea. Apalagi Eden Hazard dkk didukung catatan apik karena belum terkalahkan dalam lima pertandingan terakhir kontra Southampton.

Meski begitu, manajer Maurizio Sarri tak menganggap hal itu sebagai keuntungan. Sarri menilai, untuk membawa pulang poin penuh timnya harus bermain dengan mentalitas yang baik.

"Saya harus banyak mengganti pemain dan itu tidaklah mudah untuk mempersiapkan pertandingan melawan Southampton. Banyak pemain kelelahan, akan tetapi kami membutuhkan mentalitas yang sangat baik untuk menang," kata Sarri.

Di kubu tim tuan rumah, Southampton saat ini berada di peringkat yang tak menguntungkan. Danny Ings dkk tercecer di peringkat ke-16 dengan raihan lima poin atau unggul dua angka dari Huddersfield Town yang berada di batas atas zona merah.

Hal itulah yang membuat Southampton bersemangat untuk meraih kemenangan. Manajer Mark Hughes optimistis timnya bisa mengalahkan Chelsea di depan para suporter.

"Kami tak sabar melakoni laga ini, sebab, Chelsea adalah tim yang luar biasa dan memiliki pemain dengan kualitas individu yang baik, maupun permainan kolektif. Namun, saya yakin kami bisa bermain dengan baik," tegas Mark Hughes.

Laga ini menjadi pertemuan ke-73 untuk kedua tim. Chelsea sejauh ini sudah memenangi 35 pertandingan, Southampton meraih 19 kemenangan, dan 18 laga berakhir imbang.

Susunan Pemain:
SOUTHAMPTON XI: McCarthy; Cedric, Yoshida, Bednarek, Hoedt, Bertrand, Hojbjerg, Lemina, Redmond, Gabbiadini, Ings; Cadangan: Vestergaard, Long, Davis, Austin, Romeu, Gunn, Targett
CHELSEA XI: Arrizabalaga; Azpilicueta, Luiz, Rudiger, Alonso, Kante, Jorginho, Barkley, Willian, Giroud, Hazard; Cadangan: Caballero, Fabregas, Pedro, Kovacik, Zappacosta, Cahil, Morata.