BREAKINGNEWS.CO.ID-Arif Putra Wicaksono optimistis maju ke kontestasi pemilihan Exco PSSI 2019-2024 melalui Kongres Pemilihan yang digelar 2 November mendatang di Jakarta. Arif mengemukakan keyakinannya setelah bertemu dengan Komite Banding Pemilihan (KBP) PSSI, Jumat (11/10/2019) sore di Senayan, Jakarta.

"Tadi sudah saya sampaikan keterangan tambahan yang diperlukan dan mereka tampaknya bisa menerima," ungkap Arif Putra Wicaksono seusai diterima KBP.

Arif Putra Wicaksono mengajukan banding setelah sehari sebelumnya, Kamis (10/10), dinyatakan tidak lolos verifikasi untuk bakal calon ketua umum. Dia mengajukan banding bersama tiga balon lainnya yang diumumkan tidak lolos, yakni Yesayas Octavianus dan Sarman El Hakim untuk posisi balon ketum, dan Doni Setiabudi untuk wakil ketua umum. Keempatnya dinyatakan tidak lolos verifikasi dengan alasan berbeda-beda.

Arif, Yesayas, Sarman dan Doni Setiabudi diterima oleh KBP yang terdiri Irjen Pol (Purn) Erwin Tobing, Djoko Tetuko, Ponaryo Astaman, M Nigara, dan Alfis Primatra. Mereka diterima satu per satu, berturut-turut Yesayas, Sarman, Arif dan Doni.

Besar kemungkinan banding keempatnya diterima, setelah berhasil meyakinkan KBP, khususnya terkait persyaratan yang masih diperlukan.

"Mereka bilang kami akan dihubungi tanggal 18 Oktober untuk memastikan lolos atau tidaknya," kata Arif.

Jika diputuskan lolos, maka kontestan yang akan berlaga di posisi ketua umum dengan demikian tetap menjadi 11 orang. Yakni, Aven Hinelo, Vijaya Fitriyasa, Bernhard Limbong, Fary Djemy Francis, Mochamad Iriawan, Rahim Soekasah, La Nyalla Mattalitti, Beny Erwin, Arif Putra Wicaksono, Sarman El Hakim dan Yesayas Octavianus.

Untuk posisi waketum, dua tempat akan diperebutkan oleh 15 nama. Yakni, Aven Hinelo, Beny Erwin, Cucu Sumantri, Jamal Aziz, Doli Sinomba Siregar, Esti Puji Lestari, Hasnuryadi Sulaiman, Hinca Panjaitan, Iwan Budianto, Kusnaeni, Tri Goestoro, Vijaya Fitriyasa, Jackson Kumaat dan Doni Setiabudi. Semula ada 21 nama yang mendaftar, namun enam nama diputuskan tidak lolos dan sekaligus tidak boleh banding: Ahmad Riyadh, Augie Benyamin, Budi Setiawan, Gusti Randa, Sally Atyasasmi, dan Wardy Ashari Siagian.

Komite Banding Pemilihan akan menetapkan daftar calon tetap Exco PSSI ini pada 19 Oktober. Setelah itu, masuk masa kampanye. Sudah diagendakan ada debat kandidat untuk ketua umum dan diskusi-diskusi. PSSI menyebut publik perlu tahu apa yang akan dikerjakan pimpinan PSSI ke depannya.

"Saya siap untuk debat," jelas Arif, yang sejak 2013 mengelola berbagai kegiatan sepak bola nasional dan internasional. Arif yang memiliki event organizer dengan nama Ninesport, sudah mendatangkan beberapa klub ternama seperti Chelsea dan Espanyol.