BREAKINGNEWS.CO.ID – Salah satu produsen smartphone ternama di dunia yakni Apple dikabarkan akan menghadirkan ponsel layar lipatnya seperti yang dilakukan beberapa produsen lainnya pada tahun 2019 ini.

Seperti dilaporkan oleh Inverse, bocaran paten yang dimaksud bernomor US10,020,462. Apple sendiri menyatakan sudah lama menyiapkan teknologi layar lipat. Sebelumnya, Apple mengajukan dokumen pada bulan Maret 2018 lalu, dan baru disahkan oleh United States Patent and Trademark Offices (USPTO), dengan nama Electronic Devices with Flexible Display dan dipublikasikan pada 27 Desember 2018.

Tak ingin dianggap mengikuti produsen lainnya, Apple pun disebutkan memiliki desain berbeda dari brand lainnya. Di mana ponsel layar lipat dari Apple ini dapat dilipat ke luar dan ke dalam.

Agar bisa dilipat ke luar dan ke dalam, dalam dokumen tersebut menjelaskan jika Apple menggunakan sebuah teknik pelapisan yang mengkombinasikan polimer dan serpihan-serpihan pigmen.

Elemen tersebut pun akan diaplikasikan ke panel OLED dengan teknik semprot, dicelupkan atau mungkin dicetak. Hal tersebut untuk membuat lapisan luar layar lebih proaktif sehingga bisa ditekuk tanpa merusaknya.

Seperti yang sudah terlihat dalam sebuah bocoran di dunia maya, gambar menunjukkan iPhone yang ditekuk ke dalam, di mana layar dan layar akan saling berhadapan di dalam. Sementara itu ada juga gambar lain, yang mengilustrasi menggambarkan iPhone ditekuk ke luar, di mana punggung perangkat saling bertemu, sehingga layar akan berada di luar.

Apple sendiri menyebutkan faktor desain dibutuhkan dalam industri smartphone. Selain bisa memiliki perbedaan dari brand lain, desain berbeda akan menjadi terobosan bagi brand itu sendiri.

Hal tersebut kemungkinan yang mendorong Apple ikut mempatenkan desain layar lipat atau layar tekuk. Ponsel layr lipat sendiri sepertinya bakal menjadi tren baru di industri smartphone. Bukan hanya Apple yang sudah mendaftarkan hak paten akan ponsel layar lipt, ada juga beberapa produsen seperti Samsung, Huawei, LG, Sony,Oppo dan Lenovo yang sebelumnya telah melakukan itu.