JAKARTA - Kepopuleran Apple Maps belum dapat menyamai Google Maps. Karena itu, Apple terus berupaya untuk meningkatkan kemampuan dan data dari aplikasi besutannya itu.

Seperti dilansir dari Engadget, Senin (14/5/2018), perusahaan asal Cupertino itu ingin memanfaatkan drone untuk mengambil gambar sejumlah wilayah. Kabar ini sebenarnya sudah sempat terdengar sejak 2016.

Juru bicara Apple menyebut perusahaan akan mengambil gambar darat dan udara di seluruh dunia untuk meningkatkan Apple Maps. Untuk itu, drone digunakan untuk mengambil gambar udara dan sejumlah wilayah.

Tak hanya itu, Apple juga memastikan akan menjamin rahasia pribadi dari orang-orang yang tertangkap kamera drone. Perusahaan memastikan tak akan ada data sensitif yang dirilis.

"Apple berkomitmen melindungi privasi orang, termasuk dalam proses kali ini dengan mengaburkan wajah dan plat nomor kendaraan, saat peta ini dipublikasikan," tutur juru bicara perusahaan.

Apabila cara ini berhasil, bukan tak mungkin Apple benar-benar dapat meningkatkan kemampuan aplikasi peta miliknya. Di sisi lain, ada kemungkinan perusahaan akan memanfaatkan drone untuk mengambil lebih banyak gambar di seluruh dunia.

Rencananya, pengambilan gambar melalui drone ini akan dilakukan di North Carolina. Apple dilaporkan juga telah bekerja sama dengan otoritas transportasi setempat untuk menerbangkan drone di wilayah tersebut.