JAKARTA - Apple kerja sama dengan Volkswagen untuk merombak van VW model Transporter T6 menjadi kendaraan self-driving untuk karyawan Apple. Dalam proyek ini, Apple akan merancang software pengendaraan otonom, sementara Volkswagen akan menyediakan hardware kendaraan.

Seperti dilansir dari The Verge, Rabu (23/5/2018), Apple sebelumnya telah menggodok kerja sama untuk program kendaraan otonom dengan sejumlah perusahaan otomotif Jerman lainnya, termasuk BMW dan Mercedes. Namun, negosiasi tersebut tidak berhasil setelah kedua perusahaan otomotif itu tidak bersedia memberikan Apple kendali atas desain dan produksi data kendaraan.

Divisi otomotif Apple yang diberi nama Project Titan sebelumnya berambisi untuk merancang sebuah kendaraan otonom sendiri dari segi hardware maupun software. Namun, pada tahun 2016 Apple mempersempit rencana tersebut menjadi pengembangan software untuk layanan shuttle karyawan yang dinamai PAIL (Palo Alto to Infinite Loop).

Menurut laporan New York Times, PAIL saat ini merupakan satu-satunya proyek yang menjadi fokus divisi otomotif Apple, dan belum ada rencana detail mengenai program selanjutnya. Sejak tahun 2016, ratusan karyawan telah meninggalkan divisi yang sebelumnya beranggotakan lebih dari seribu orang tersebut. Saat ini, masa depan Apple dalam industri kendaraan otonom belum dapat dipastikan.