BREAKINGNEWS.CO.ID – Aplikasi media seputar Presiden Joko Widodo berbasis aplikasi Android yakni JokowiApp menjadi daftar Terpopuler Play Store, toko aplikasi Android. Aplikasi ini bahkan mampu mengalahkan aplikasi Android lainnya seperti HAGO, Tantan, Drift Love, hingga Mamba untuk menduduki posisi pertama.

Seperti dilansir dari Google Play, Aplikasi Jokowi App diciptakan oleh Ochabawez, perusahaan yang mengklaim berkantor di kawasan Sudirman Jakarta Selatan. Sebelumnya mereka juga merilis aplikasi bernama Demam Merchendise.

Catatan aplikasi Jokowi App terbilang sangat baik, JokowiApp telah diunduh lebih dari 10 ribu kali dan menerima seribu ulasan dengan bintang yang diperoleh 4,9/5, pada Senin (19/11/2018) kemarin.

Secara teknis, Jokowi App merupakan aplikasi berita seputar Joko Widodo. Mulai dari aktivitasnya sebagai presiden, prestasi-prestasi yang diraih, hingga komentar tokoh terkait Jokowi.

Selain itu, JokowiApp juga membagikan berita-berita yang ditampilkan di aplikasi ini dengan nuansa positif, tidak ada yang negatif. Selain dalam bentuk teks, berita seputar Jokowi di Jokowi App pun dituangkan dalam bentuk grafis persegi, khas Instagram.

Beberapa fitur lain di JokowiApp adalah Merchendise, Viral, hingga pengumpulan poin bagi pengguna, belum berjalan dengan baik. Ridlwan Habib dari tim medsos Jokowi, menyebut bahwa Jokowi App merupakan produk dari tim pemenangan Jokowi-Ma’ruf.  “Iya, ini timnya Jokowi (yang buat),” jelas Ridlwan pada Senin (19/11/2018).

Menurutnya, aplikasi ini baru diluncurkan hari Sabtu lalu. Sayangnya, Ridlwan tak ingin berkomentar banyak karena JokowiApp tak langsung ditangani olehnya. “Tim Jokowi kan banyak,” tegasnya.

Joko Widodo sendiri bukanlah pemimpin pertama yang memanfaatkan aplikasi sebagai media kampanye. Narendra Modi, perdana Menteri India juga pernah  merilis aplikasi serupa bernama Narendra Modi.

Berdasarkan data Google Play, aplikasi Narendra Modi telah diunduh lebih dari 5 juta kali, dengan rating yang diperolehnya ialah 4,6/5. Secara teknis, aplikasi Narendra Modi menampilkan konten yang sama dengan Jokowi App, berita positif seputar Modi.