BREAKINGNEWS.CO.ID - Pawai obor api Asian Para Games 2018 menyambangi kota Denpasar, Bali, Minggu (16/9/2018). Pawai obor dimulai dari rumah dinas Gubernur Bali. Sejumlah pejabat hadir memberikan penghormatan dimulainya pawai obor Asian Para Games 2018.

Pawai obor Asian Para Games 2018, diserahkan Ketua Panitia Pelaksana Asian Para Games 2018 (Inapgoc), Raja Sapta Oktohari kepada Gubernur Bali, Wayan Koster. Selanjutnya, Koster menyerahkannya ke Ketua DPR RI Bambang Soesatyo yang kemudian diserahkan lagi ke Menteri Sosial, Agus Gumiwang.

Lalu dari Agus Gumiwang, obor api abadi itu diserahkan kepada petugas yang akan membawa lari keliling Bali. Di pinggir jalan, sejumlah pelajar amat antusias menyaksikan pawai obor Asian Para Games 2018. Gubernur Bali Wayan Koster dalam sambutannya menyebutkan bahwa Bali sangat bangga karena bisa menjadi titik pawai obor Asian Para Games 2018.

Dia meyakini sejarah besar ini tak akan terulang dalam waktu yang dekat karenanya masyarakat Bali bersyukur sudah menjadi bagian dari penyelenggaraan Asian Para Games yang ketiga ini. "Pawai obor Asian Para Games tahun 2018 ini adalah suatu kehormatan bagi kami dan masyarakat Bali pada khususnya," kata Koster.

Sementara itu, Menteri Sosial Agus Gumiwang berharap kesuksesan event ini akan membawa dampak positif bagi Indonesia di mata dunia internasional. "Kalau kita bisa menyelenggarakan event ini dengan sebaik-baiknya, maka saya kira dunia internasional akan melihat kita sebagai negara yang mempunya standar bagus mengenai ranah disabilitas," katanya.

Di sisi lain, tentu menjadi kebanggaan apabila atlet Indonesia dapat meraih prestasi membanggakan pada ajang ini. "Banyak sekali manfaatnya bagi Indonesia, baik pelaksanaannya maupun sukses prestasi itu sendiri," dia menandaskan.