BREAKINGNEWS.CO.ID-Setelah menggelorakan Bali, Kirab Obor Asian Games 2018 tiba di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Disambut oleh ratusan masyarakat dan diiringi oleh semarak alunan tradisional, Gendang Beleq, api obor Asian Games 2018 tiba di Lombok Internasional Airport. Ketua rombongan pembawa obor, Marsekal Pertama, Eko Dono Indarto, secara simbolis menyerahkan api obor kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Tengah, H.M. Nursiah dan kemudian dilanjutkan ke Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Dr. Rosiady Sayuti selaku tuan rumah.

Putu Sutama, pembina kelompok Gendang Beleq dari SMA 4, Praya, Lombok Tengah yang menyambut api obor Asian Games 2018 di bandara mengatakan bahwa dirinya sangat bangga Nusa Tenggara Barat menjadi salah satu provinsi yang disinggahi oleh Kirab Obor Asian Games 2018. " Saya senang sekali murid SMA 4 Praya dapat menjadi bagian dari peristiwa bersejarah ini. Mereka sudah melakukan persiapan khusus seminggu ini dan sangat antusias," ujar Putu di sela persiapan penyambutan, Selasa (24/7/2018).

Selanjutnya, api obor Asian Games 2018 dibawa ke kawasan Mandalika, wilayah tujuan wisata yang saat ini tengah dikembangkan oleh Pemerintah Daearah NTB menjadi primadona wisatawan. Perjalanan yang menempuh jarak kurang lebih 21 km dengan memakan waktu sekitar 40 menit ini dimeriahkan teriakan "Indonesia" oleh ratusan pelajar yang menyambut sepanjang perjalanan.

Kirab obor (torch relay) Asian Games 2018 ini sehari sebelumnya di Pulau Dewata, Bali, dari Banyuwangi. Api obor tiba di Bali melalui pelabuhan Gilimanuk. Api Asian Games diserahkan oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas kepada Bupati Jembrana, I Putu Artha di Taman Siwa yang masih berada di area Pelabuhan Gilimanuk. 

Dalam acara penyambutan di Kabupaten Jembrana, Bali, api Asian Games disambut meriah oleh ratusan siswa sekolah dan maskot Kabupaten Jembrana. Tak ketinggalan pertunjukan seni dan tarian khas Bali mengiringi arak-arakan api Asian Games 2018.

Sebelumnya di Banyuwangi, arak-arakan api Asian Games 2018 juga diiringi berbagai kesenian daerah seperti tari Gandrung, Barong, Kuntulan, dan Banyuwangi Ethno Carnival.

Bupati Jembrana, I Putu Artha mengaku bangga wilayahnya menjadi perlintasan torch relay Asian Games 2018. Kesempatan ini pun dimanfaatkan untuk memperkenalkan kesenian dan budaya daerahnya.