BREAKINGNEWS.CO.ID - Dalam malam puncak Anugerah BUMN 2019 , Kamis (28/3/2019) di di Hotel JW Marriot-Kuningan, Jakarta nama Doso Agung menjadi salah satu yang mencuri perhatian. Direktur Utama Pelindo III yang dikenal tegas, cerdas  dan berdisiplin tinggi itu menjadi salah satu CEO (Chief Executive Officer) terbaik dalam Anugerah BUMN 2019.

Pemilihan yang dilakukan oleh BUMN Track dan PPM Manajemen ini dilakukan secara hati-hati dan mempertimbangkan berbagai faktor. Selaian kecakapan seorang CEO dalam memimpin BUMN juga beberapa rekam jejak lainnya, seperti bebas dari indikasi buruk lainnya. Apalagi selama ini ajang penghargaan Anugerah BUMN menjadi salah satu referensi presiden atau pemimpin RI dalam memilih anggota cabinet atau Menteri.

Para pemenang CEO Terbaik Anugerah BUMN 2019 menjadi sumber rekrutmen baru bagi kabinet 2019.  Sebelumnya, di Kabinet Jokowi, tiga  CEO Terbaik Anugerah BUMN 2017 melaju ke kursi Menteri. Mereka adalah Ignasius Jonan (Mantan CEO PT Kereta Api Indonesia), Arief Yahya (Mantan CEO Telkom) dan Budi Karya Sumadi (Mantan CEO Angkasa Pura II).

Akhmad Kusaeni, Pemimpin Redaksi BUMN Track,  mengatakan, tahun ini dewan juri fokus untuk menilai sejauh mana BUMN berperan dalam pertumbuhan ekonomi sekaligus peningkatan pendapatan nasional. Khususnya di era industri 4.0, BUMN dituntut lebih inovatif dan melakukan transformasi di luar bisnis inti perusahaan.

Sementara Direktur Eksekutif PPM Manajemen Bramantyo Djohanputro, mengatakan, ajang Anugerah BUMN bukan sekedar pemberian penghargaan atas kinerja yang dilakukan. Namun  ajang ini menghasilkan hal-hal positif yang dibuktikan lewat kredibilitas dewan juri dan para pemenang. "Dari apa yang dipaparkan oleh peserta, mereka akan mendapatkan feedback dari dewan juri, apakah yang dilakukan perusahaannya sudah benar atau belum. Masukan ini yang lebih penting," ungkap Bramantyo.

Proses penjuarian melalui tiga tahap. Pertama, seleksi dokumen kuesioner yang berlangsung 22 Januari-20 Februari 2019. Bagi peserta yang lolos, wajib mengikuti tahap kedua berupa wawancara korporasi di hadapan dewan juri yang kemudian diakhiri dengan wawancara CEO untuk menjaring pemenang CEO terbaik.

KATEGORI CEO EMERGING CORPORATE

CEO VISIONER TERBAIK

Kuncoro Wibowo – PT. Bhanda Ghara Reksa (Persero)

CEO STRATEGIC ORIENTATION TERBAIK

Ir. Dwi Satriyo Annurogo – PT. Perkebunan Nusantara X

CEO DRIVING EXECUTION TERBAIK

Bambang Eka Cahyana – PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero)

CEO TALENT DEVELOPMENT TERBAIK

Farid Padang – PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero)

CEO STAKEHOLDER RELATIONSHIP TERBAIK

Budi Noviantoro - PT. Industri Kereta Api (Persero)

 

KATEGORI CEO BIG CORPORATE

CEO VISIONER TERBAIK

Arviyan Arifin – PT. Bukit Asam, Tbk

CEO STRATEGIC ORIENTATION TERBAIK

Doso Agung – PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero)

CEO DRIVING EXECUTION TERBAIK

Faik Fahmi – PT. Angkasa Pura I (Persero)

CEO TALENT DEVELOPMENT TERBAIK

Yanuar Budinorman – PT. Rekayasa Industri

CEO STAKEHOLDER RELATIONSHIP TERBAIK

Maryono – PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk