BREAKINGNEWS.CO.ID- Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo mendorong Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk melakukan evaluasi, baik dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM), tata kelola, serta sarana dan prasarana. 
 
Hal tersebut diutarakan Bambang menyikapi upaya antisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sejumlah daerah yang sudah dilakukan cukup baik pada Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla dan tetap perlu dilakukan sejumlah peningkatan. 
 
"Agar dapat mengantisipasi dan mencegah terjadinya karhutla secara maksimal," ujar Bambang kepada wartawan di Jakarta seperti dikutip, Kamis (21/2/2019). 
 
Bambang pun mendorong Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Satgas Karhutla dan Jagawana untuk meningkatkan pengawasan, seperti dengan melakukan patroli, serta terus melakukan upaya-upaya pencegahan terjadinya kebakaran dan kerusakan hutan. 
 
"Mengimbau kepada seluruh pihak, baik masyarakat maupun perusahaan, untuk bersama-sama menjaga kelestarian hutan serta tidak membuka lahan dengan cara membakar, sehingga tidak menimbulkan terjadinya karhutla," tegasnya.