London – Petinju kelas berat tak terkalahkan, Anthony Joshua memberi sinyal menarik untuk membeli tawaran pertarungan yang dilayangkan petinju asal Menchester, Tyson Fury pada dirinya. Petinju asal Inggris ini mengaku jika diirnya sudah tak sabar untuk melakoni duel tersebut.

Anthony Joshua baru saja sukses mengawinkan gelar juara IBF/WBA Super/IBO/WBO usai mengalahkan Joseph Parker di Principality, Wales, Minggu (1/4/2018) dua pekan lalu. Joshua menang angka mutlak atas Parker, petinju asal Selandia Baru. Dua juri memberi angka sama yaitu 118-110 dan satu juri beda memberi nilai 119-109.

Sementara itu, Tyson Fury pernah mengunci gelar WBA, IBF dan WBO dari Wladimir Klitscho pada tahun 2015. Sejak saat itu, Tyson belum naik ring karena tersandung berbagai kasus. Alih-alih mempertahankan gelarnya dengan bertarung, petinju berkepala botak itu justru kehilangan sabuk juara akibat pelanggaran hukum di luar ring.

Meski kontroversial, Tyson diyakini memiliki power dan teknik yang luar biasa di atas ring. Tyson bahkan berani menantang Joshua yang baru-baru ini mengalahkan sekaligus mencuri sabuk WBO milik Joseph Parker. Tantangan tersebut kemudian direspon Joshua.

"Setelah pertarungan Klitschko, ada seorang pria (Tyson Fury) yang menantang saya untuk bertarung. Sampai dia kembali ke ring, saya tidak bisa duduk dan menunggu dengan sabar," kata Joshua menanggapi tantangan Tyson.

Mantan pelatih Anthony Joshua, Sean Murphy, pernah mengatakan bahwa mantan anak asuhnya itu memang mengincar Tyson Fury. Ambisi tersebut pernah diungkapkan Joshua sebelum merengkuh sabuk juara dunia WBO. "Fury akan menjadi pertarungan yang sulit untuk Joshua. Sebab petinju dari Manchester itu bertarung dengan menggunakan otaknya," kata Sean Murphy, dikutip Daily Star.