BREAKINGNEWS.CO.ID - Melihat animo yang sangat tinggi pada Program Mudik Bareng 2019, Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung, kini menambah kuota tiket. Dalam program yang digagas Kementerian BUMN untuk mudik pada bulan Ramadan tahun ini, awalnya hanya  disediakan sekitar 17.500 tiket bus gratis. Namun kini ditingkatkan menjadi 30 ribu tiket bus gratis.

Penambahan ini tentunya sebagai wujud kepedulian PT.Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III terhadap peminat program tersebut. Doso Agung juga berharap dengan bertambahnya kuota tersebut, masyarakat yang dilayani juga semakin merasakan makna Hari Raya Idul Fitri/Lebaran 1440 H Tahun 2019.

“Tingginya animo pemudik yang sudah mendaftar pada program mudik gratis tahun 2019, maka Pelindo III menambah kuota tiket bus gratis secara bertahap sesuai penambahan kebutuhan yang terdata di lapangan. Jadi perkiraan jumlah total kuota Program Mudik Bareng 2019 yang disediakan Pelindo III dapat mencapai sekitar 30.000 tiket,” kata Doso Agung, Selasa (7/5/2019), di Surabaya.

Terus Meningkat

Kuota mudik gratis yang disediakan Pelindo III memang mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Jika pada tahun 2017 BUMN Operator pelabuhan hanya ini  memberangkatkan sekitar 6.000 orang, maka tahun 2018 meningkat menjadi 14.000. Lonjakan itu semakin besar pada tahun 2019 ini karena Pelindo III juga menyanggupi untuk menyediakan 30.000 tiket kapal laut dan bus gratis.

“Lewat koordinasi dengan Kementerian Perhubungan, Pelindo III akan bersinergi BUMN dengan PT Damri dan operator bus swasta lainnya untuk menambah tiket bus gratis keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang,” tutur Doso Agung di Surabaya.

Rincian penambahan kuota tersebut antara lain, Pelindo III menyediakan tiket gratis untuk 2.000 penumpang kapal laut. Tiket gratis tersebut untuk lima rute kapal penyeberangan dari Kalimantan ke Jawa, yakni dari Kumai – Tanjung Perak, Kumai – Tanjung Emas, Sampit – Tanjung Perak, Sampit – Tanjung Emas, dan Batulicin – Tanjung Perak. Mereka akan dilayani oleh kapal-kapal Pelni, seperti KM Kelimutu, KM Leuser, KM Binaiya, dan KM Egon.

Pada rute kapal Pelni itu juga tersedia 200-300 tiket gratis untuk sekali keberangkatan pada tanggal tertentu yang dimulai H-6 Lebaran (Hari Raya Idul Fitri).

Sementara untuk tiket bus disediakan sebanyak 28.000 tiket bus. Para pemudik ini akan diantar dengan bus Damri dari pelabuhan di bawah kendali Pelindo III ke berbagai kota tujuan mudik di Pulau Jawa.

Terintegrasinya program Mudik Bareng ini maka penumpang atau pemudik yang menggunakan kapal laut saat tiba di pelabuhan, bisa langsung melanjutkan naik bus gratis yang telah disediakan. Mereka bisa langsung terkoneksi dengan bus di Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelabuhan Tanjung Emas.