BREAKINGNEWS.CO.ID-Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswesan mengapresiasi Pemerintah Pusat yang tengah merencanakan buat rumah tanp mengenakan DP (Down Payment atau uang muka) nol rupiah untuk aparatur sipil negara (ASN), prajurit TNI, dan anggota Polri.

Ia memandang program unggulannya itu membuktikan bisa dilakukan dengan cara pendekatan meskipun pada awal diperkenalkan tidak sedikit menuai kritik pedas dari berbagai pihak. Ia berharap nantinya lebih banyak lagi masyarakat yang merasakan manfaat dari pendekatan tersebut.

“Alhamdulillah, artinya itu membuktikan pendekatan yang memang bisa dilakukan. Dulu kan banyak kritik bahwa ini tidak mungkin ada DP nol, nah ini nyatanya mungkin,” tutur Anies di kawasan Pecenongan, Jakarta Pusat, Jumat (9/11/2018).

Anies menuturkan, pembebasan uang muka pembelian rumah sangat bermanfaat dan membantu meringankan para pembeli mengingat tidak semua masyarakat telah memiliki tabungan besar. Pembebasan uang muka atau DP nol rupiah seperti keringanan pemerintah terhadap pembelian sepeda motor sehingga masyarakat yang ingin memiliki menjadi mudah beli.

“Saya dari awal mengatakan kenapa motor dan mobil dimudahkan, sementara kalau punya motor dan mobil itu nilai barangnya selalu mengalami depresiasi. Sementara rumah malah kita persulit. kalaupun gak dipersulit, tidak dipermudah gitu. padahal kalau punya hunian itu, nilainya mengalami apresiasi gitu,” terangnya.

Pemerintah di bawah pimpinan Joko Widodo menyiapkan rumah dengan uang muka atau down payment (DP) nol persen untuk Aparatur Sipil Negara, TNI dan Polri. Rumah yang akan dibangun untuk ASN sebanyak 945 ribu, 275 ribu bagi prajurit TNI, dan 360 ribu anggota Polri.