BREAKINGNEWS.CO.ID-Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan meresmikan arena pertandingan atau venue Equestrian yang nantinya digunakan untuk kompetisi berkuda ketangkasan Asian Games XVIII/2018. Venue cabor berkuda ketangkasan yang diberi nama Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP) berada kawasan Pulomas, Jakarta Timur. Acara peresmian JIEPP dilakukan Kamis (2/8/2018) pagi.

Dalam peresmian JIEPP Anies didampingi beberapa petinggi lainnya yang terlibat dalam pembangunan diantaranya Sekretaris DKI Jakarta Saefullah, Presiden Direktur PT Pulo Mas Jaya Bambang Mursalin, Kejati DKI Jakarta Toni Spontana, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo Dwi Wahyu Daryoto dan masih banyak lainnya.

Dalam sambutannya, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI mengatakan bahwa JIEPP merupakan venue satu -satunya yang akan menjadi kebanggaan Indonesia. JIEPP memiliki luas 35.25 hektar dan punya lima arena yang terdiri dari arena utama, training arena, warm up Arena, collecting arena, covered training arena, cross country dan fasilitas penunjang laninnya.

“Syukur alhamdulillah, hari ini kita menjadi saksi sebuah fase pembangunan equestrian, ini menjadi salah satu tempat yang insyaAllah menjadi kebanggan kita menjelang Asian Games. Venue arena berkuda Equestrian proses pembangunnya, izinkan saya atas nama Pemprov DKI Jakarta menyampaikan terima kasih dan apresiasi untuk semua pihak yang telah bekerja sehingga kita bisa menyaksikan tempat yang membanggakan ini,” ujar Anies.

Dengan luas yang mencapai puluhan hektar, Equestrian mampu menampung penonton hingga 990 orang dengan memberi kenyamanan bak kelas dunia. Anies meyakini, Asian Games XVIII/2018 akan berjalan lancar khususnya untuk pertandingan kuda yang terbagi dalam tiga cabang yakni tunggang serasi (dressage), lompat rintangan (jumping) dan trilomba (eventing).

“Di Asia hanya ada tiga yang seperti ini. Karena itu Jakarta hari ini menjadi tuan rumah pembangunan Equestruan kita harus melihat ini bukan sekedar kerja kemarin,” pungkas Anies.

Ia pun berharap pada seluruh warga Jakarta untuk memanfaatkan arena pertandingan tersebut sebaik-baiknya, ia juga menghimbau Dinas Pendidikan dan Kebudayaan DKI Jakarta serta Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta bisa menggunakan venue dengan mengajak pelajar sekolah. Momentum ini merupakan kesempatan pembelajaran yang luar biasa dan bisa lakukan sesudah Asian Games yakni bulan September 2018.

“Saya berharap juga dinas pariwisata promosikan tempat ini dan mempersiapkan untuk wisatawan yang datang, domestik amupun internasional, jadikan Equestrian menjadi salah satu tempat tujuan wisata dengan fasilitas dan potensinya yang luar bisa. Saya berharap JIEPP  menjadi sebuah fasilitas yang mempunyai dampaik besar untuk hari ini dan dimasa yang akan datang,” pungkasnya.