BREAKINGNEWS.CO.ID-Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan meresmikan puluhan sarana dan prasarana pendidikan yang telah selesai direhabilitasi oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Ia menyampaikan apresiasi atas rehabilitasi total terhadap sarana dan prasarana di sektor pendidikan demi menuju ke arah yang lebih baik yakni ciptakan generasi penerus dan berkualitas.

Sarana dan prasarana pendidikan dipastikan ramah bagi disabilitas atau anak berkebutuhan khusus(ABK). Nantinya diharapkan pendidikan di Jakarta kian membaik mengingat seluruh perbaikan sudah dilakukan, tidak hanya bangunan melainkan tenaga pendidikan dalam hal ini guru.

“Kita meresmikan (gedung) sekolah yang mengalami rehab besar, meliputi SD SMP SMA, SMK, SLB dan PKBM. Insya Allah semuanya dirancang setara untuk semua, jadi ramah bagi penyandang disabilitas,” ujar Anies di SDN Pondok Labu 01, Jalan RS Fatmawati, Jakarta, Jumat (8/3/2019).

Tidak hanya ramah bagi anak disabilitas tapi bangunan juga dirancang ramah lingkungan karena gedung-gedung sekolah ini dilengkapi dengan sistem tata udara alami dan panel surya. Selain itu juga memiliki desain unik yang tampil dengan wajah baru, sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih baik dan nyaman bagi anak-anak maupun semua komponen sekolah. 

“Tumbuhkan kegiatan belajar mengajar dalam arti yang sesungguhnya. Suasana yang menyenangkan bagi siswa, guru dan juga suasana yang menantang. (Munculkan) perasaan belajar dengan target yang tinggi, tapi suasananya menyenangkan,” ungkapnya.

Adapun rehabilitasi dan pembangunan gedung sekolah sebanyak 95 bangunan atau gedung sekolah, dua gedung asrama dengan rincian sebagai berikut;

1. 5 (lima) Gedung SLB; 
2. 71 (tunuh puluh satu) Gedung SD; 
3. 16 (enam belas) Gedung SMP 
4. 1 (satu) Ruang Kelas Baru (RKB) SMA 105 Jakarta Timur;
5. 1 (satu) Gedung SMK (SMK 38 Jakarta Pusat); 
6. 1 (satu) Gedung Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM 06 Meruya);
7.  2 (dua) Gedung Asrama (SMK 63 Jakarta Selatan dan SMA 69 Kepulauan Seribu)