JAKARTA-Dalam waktu beberapa bulan mendatang, Jakarta akan menjadi tuan rumah perhelatan Asian Games 2018. Banyak pekerjaan rumah yang masih dilakukan Pemprov DKI Jakarta menyambut kedatangan para atlet dari berbagai macam negara. Salah satunya adalah memastikan Kali Item tidak beraroma bau karena lokasinya berdampingan dengan Wisma Atlet di Kemayoran-Jakarta Pusat.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, kondisi Kali Item sudah jauh lebih baik dari sebelumnya bahkan aroma yang tidak sedap sudah tidak terendus lagi di sekitar Wisma Atlet. Pasalnya ruang makan atlet dekat dengan bantaran Kali Item dan dikhawatirkan aroma tak sedap memasuki ruangan tersebut. “Untuk air dari sisi aroma sudah jauh lebih baik dan ini dipantau terus setiap,” ujar Anies di Balai kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (16/5/2018).

Sementara untuk warna dari Kali Item yang berwarna hitam, menurut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI memang warnanya sejak lama berwarna hitam oleh karena itu penamaan diberikan Kali Item. Meskipun berwarna hitam tapi aroma dari kali dipastikan sudah tidak ada sehingga atlet bisa melakukan aktivitas secara baik.

“Warnanya memang masih hitam. Karena itu sungainya dikasih nama Kali Item. Jadi rupanya Kali Item ini sudah dari dulu warnanya item. Tapi yang penting sekarang ini pada fase ini adalah memastikan di situ tidak beraroma,” tutur Anies. Sebelumnya, Sekretaris DKI (Sekda) Jakarta meninjau Wisma Atlet yang akan digunakan atlet-atlet dalam perhelatan Asian Games 2018 di Kemayoran, Pulo Mas, Jakarta Timur, Kamis (22/2/2018).

Saat tengah menyisiri pinggiran wisma atlet, terlihat ada Kali Sunter tepat berada persis di samping gedung tersebut dan tercium aroma tidak sedap pada aliran sungai. Bau tersebut diduga limbah tempat yang berasal dari pabrik disekitar kawasan wisma atlet. "Kita akan sampaikan ke DLH (Dinas Lingkungan Hidup) untuk mengecek sumber baunya itu. Ada pabrik tempe yang membuang langsung ke kali yah," kata Saefullah. (Puji)