BREAKINGNEWS.CO.ID - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan berharap DPRD DKI Jakarta bisa dengan cepat melangsungkan pemilihan terhadap wakil gubernur DKI Jakarta. Di mana ada dua kandidat calon yakni Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto.

Ia menilai pemilihan wagub DKI tak ada hubungannya dengan pelaksanaan pemilihan legislatif (pileg) maupun pemilihan presiden (pilpres) sehingga fokusnya tidak mencakup luas dan melibatkan seluruh masyarakat. Sebab itu pemilihan wagub DKI dianggap bisa dilangsungkan tanpa melibatkan pileg dan pilpres.

“Sebaiknya lebih cepat lebih baik. Bukan sebelum atau sesudah ya kan Pilpres gak ada hubungannya sama itu. Pilpres, pileg itu peristiwa yang dialami oleh seluruh rakyat dan disini adalah untuk Jakarta lebih baik prosesnya lebih cepat sehingga kita pun punya kepastian dari proses ini,” ujar Anies di Balaikota Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Berbeda halnya dengan rencana DPRD DKI Jakarta yang akan membentuk pansus terkait tatatertib pemilihan wagub dan dianggap mengulur waktu. Meski demikian, Anies menilai pembentukan pansus tidak akan memperlambat pemilihan. “Bukan molor (lama), kan memang prosedurnya harus ada tata tertibnya seperti itu rasanya harus ditetapkan dulu, artinya belum ada,” kata dia.

Bukan hanya itu, ia meminta berbagai pihak supaya tidak mengeluarkan pernyataan mengenai kedua cawagub tidak mendapat persetujuan dari fraksi DPRD DKI. “Jangan buru-buru dong, belum paripurnanya. Kita tunggu, kita menghormati dewan,” pungkasnya.