BREAKINGNEWS.CO.ID-Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyebutkan alasan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan sponsorship dan faslitas terhadap Ratna Sarumpaet untuk pergi ke Chili karena pernah menjabat Ketua Dewan Kesenian Jakarta, sekaligus dalam rangka menghadiri The 11th Women Playrights International Conference 2018 di Santiago.

“Mengenai apa yang diberitakan tadi malam, pertama Pemprov DKI selama ini selalu memberikan dukungan kepada seniman-seniman anak muda generasi tua yang berkarya dibidang seni bila mendapatkan panggung internasional kita selalu mendukung,” ujar Anies saat ditemui usai hadiri HUT TNI di Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (5/10/2018).

Menurut Anies, memberangkatkan seniman Jakarta bukan hal aneh karena selain Ratna juga ada musikus berkebangsaan Indonesia R. Franki S. Notosudirdjo atau lebih dikenal dengan nama Franki Raden. Di mana Franksi tengah berada di Korea mengikuti pentas seni dunia. “Itu atas biaya dari Pemprov DKI,” ujarnya.

Keberangkatan Ratna ke Chili yang membuat heboh publik bukan sebuah keputusan mendadak karena usulan atau permintaan itu sudah diproses sejak Februari tahun 2018 lalu. Pemberian biaya pada Ratna juga bukan semata-mata tanpa sebab melainkan prestasinya dulu yang sempat mengisi jabatan sebagai Ketua Dewan Kesenian DKI Jakarta. “Jadi ini proses biasa, normal yang terjadi pada banyak seniman, banyak pekerja-pekerja seni di DKI kali ini karena ada cekal jadi rame, selebihnya enggak ada bedanya,” imbuh Anies.

Sebelumnya Ratna mengklaim bahwa keberangkatannya ke Chili merupakan kegiatan yang dibayain oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Namun karena tengah tersandung kasus penipuan, Ratna dilakukan penangkapan oleh Kepolisian Polda Metro Jaya di Terminal II Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Kamis Malam (4/10/2018). Penangkapan Ratna diketahui setelah dirinya berada di dalam pesawat yang mana saat itu ia akan berangkat ke Chili seorang diri. Penangkapan itu dilakukan setelah banyaknya laporan pada Polisi atas kasus penipuan atau hoaks.