BREAKINGNEWS.CO.ID-Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah melakukan ujicoba terhadap skybridge atau jembatan penyeberangan multiguna (JPM) di Jalan Jati Baru, Tanah Abang, Jumat (7/12/2018). Ujicoba dilangsungkan selama empat hari lamanya mulai 7 Desember hingga 10 Desember 2018 mendatang.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengungkapkan alasan adanya ujicoba terhadap skybridge semata-mata untuk melihat perilaku masyarakat yang melintas pada tempat tersebut mengingat fasilitas Pemprov DKI sudah cukup lengkap dan memadai.

“Kalau menyangkut perilaku orang itu baik meski kita sudah ada fasilitasnya, dilihat seperti apa, sambil kita lihat cara mereka memanfaatkan fasilitasnya seperti apa, dipantau aja,” ungkap Anies di Balai Kota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat (7/12/2018).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu tidak menampik jika masih banyak masyarakat merasa bingung ketika menggunakan skybridge. Ia menganggap hal itu sebagai yang wajar karena pembangunan baru selesai dan langsung bisa digunakan begitu saja meskipun para pedagang kaki lima (PKL) belum ditempatkan.

“Iyalah (evaluasi) kita aja ganti hape perlu coba, masih bingung enternya dimana, titik dimana, tombol dimana, biasa, itu normal aja,” ujar Anies.

Sebelumnya Wakil Walikota Jakarta Pusat Irwandi menjelaskan, selama dua jam ujicoba keberadaan skybridge membawa dampak positif, di mana selama itu penumpang kereta api melintas dengan skybridge jumlahnya cukup banyak mencapai ratusan orang.

“Ratusan mengalir terus ratusan sekali gerbang keluar kereta 200 paling nggak yang lewat JPM 100-150. Misal satu gelombang masuk 200 itu paling tidak yang pake skybridge 60-70 persen,” kata Wakil Walikota Jakarta Pusat Irwandi saat dihubungi, Jakarta, Jumat (7/12/2018).