BREAKINGNEWS.CO.ID – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan Rumah Susun Sederhana Milik atau yang biasa dikenal dengan Rusunami DP Rp 0 di kawasan Klapa Village, Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (12/10/2018) siang.

Program rumah susun ini telah lama dinantikan oleh masyarakat DKI Jakarta. Sebab pengadaan rumah ini merupakan salah satu program yang dinggulkan Anies-Sandi saat kampanye pada pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 lalu.

"Hari ini kita sama-sama hadir di  peresmian program hunian DP Rp 0 yang beberapa bulan lalu hadir di tempat ini untuk menyaksikan groundbreaking. Konstruksinya dikerjakan oleh Sarana Jaya,” buka Anies dalam pidatonya setelah meresmikan program tersebut.

“Tapi program ini adalah program fasilitasi pembiayaan, karena itu hari ini yang kita luncurkan adalah program DP nol rupiahnya di sebuah tempat yang insya Allah akan menjadi hunian awal bagi program DP 0 Rp di Jakarta," tegas Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Dalam acara peresmian ini hadir juga Plt Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Meli Budiastuti, serta Dirut Sarana Jaya, Yoori Pinontoan.

Sebagai informasi, Rusunami ini hanya diperuntukkan bagi warga yang memiliki KTP DKI Jakarta saja. Disamping itu, dalam persyaratan untuk memiliki rusunami tersebut, warga harus berpenghasilan dibawah Rp 7 juta per bulannya. Nantinya, rusunami tersebut memiliki 780 unit dengan terbagi menjadi 3 tipe, yaitu tipe 21, one bedroom tipe 24, dan juga two bedroom tipe 30.

Satu Tahun Anies Baswedan Pimpin DKI Jakarta

Selain itu, peluncuran program rumah DP nol rupiah ini juga dilakukan jelang beberapa hari peringatan satu tahun Anies memimpin Ibu Kota Jakarta. Sebelumnya,  Anies dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada 16 Oktober tahun lalu.

Hal ini juga dibarengi dengan terbitnya Pergub Nomor 104 Tahun 2018 tentang Fasilitas Pembiayaan Perolehan Rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Pergub sebelumnya juga sudah diteken Anies pada 11 Oktober dan diundangkan pada 12 Oktober.