BREAKINGNEWS.CO.ID - Polusi di Jakarta memang sudah tergolong mengkhawatirkan. Upaya untuk mencegah semakin parahnya polusi di Ibukota, berbagai cara dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta. Salah satu cara tersebut adalah dengan membagikan tanaman lidah mertua. Tanaman ini dikenal cocok di iklim tropis dan terdapat banyak di sekitar Jakarta. Keunggulan lainnya, tanaman ini mampu menekan polusi udara.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut lidah mertua bukan satu-satunya tanaman untuk mengatasi polusi udara di Ibu Kota. "Dari informasi yang dilaporkan, bahwa dinas mendapatkan rekomendasi beberapa tanaman yang untuk ditanam yang diharapkan bisa ikut mengendalikan pencemaran udara. Apakah ini (lidah mertua) satu-satunya, tentu tidak," ucap Anies kepada wartawan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Senin (22/7/2019).

Anies tidak merinci tanaman apa saja yang direkomendasikan. Namun, usaha-usaha itu adalah cara Pemprov untuk mengurangi polusi udara. "Semua yang bisa kita kerjakan Insya Allah kita kerjakan. Nama-nama tanaman dan lain-lain, itu biar dinas saja," kata Anies.

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, menyebut ada beberapa tanaman yang disediakan untuk masyarakat pada bulan Agustus selain lidah mertua. "Jadi salah satunya lidah mertua, tanaman-tanaman toga, alpukat, belimbing, pucuk merah juga ada," ucap Sekretaris Dinas KPKP, Suharini Eliawati, saat dihubungi terpisah.

Suharini menyebut ada kajian penanganan polusi oleh tanaman lidah mertua. Sehingga, akhirnya Pemprov DKI Jakarta akan menyiapkan lidah mertua. "Kalau saya kan hanya belajar dari analisanya dari kawan-kawan yang sudah melakukan penelitian. Jadi, tahun 2013 itu ada salah satu peneliti dari Semarang, saya baca, jadi tanaman lidah mertua sendiri mampu menyerap 107 polutan udara," kata Suharini.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta melakukan lelang tanaman-tanaman untuk penghijauan. Salah satunya lidah mertua untuk menekan polusi udara. "Salah satunya memang lidah mertua itu, yang paling bagus untuk menekan polutan udara. Arahan dari Pak Gubernur, melalui pak kepala dinas. Kami akan menyiapkan nanti mulai Agustus kami menyiapkan di gerai-gerai," kata Suharini Eliawati kepada detikcom, Minggu (21/7).

Suharini mengatakan nantinya tanaman hijau akan dibagikan gratis kepada masyarakat yang membutuhkan. Satu KTP berdomisili DKI Jakarta bisa ditukarkan dua tanaman hijau secara gratis. "Tujuannya biar para warga yang membutuhkan itu menukar KTP. Satu KTP DKI Jakarta bisa dapat dua tanaman," ujar Suharini.