JAKARTA - Swedia berhasil meraih kemenangan di laga perdana Grup F Piala Dunia 2018. Berhadapan dengan Korea Selatan di Stadion Nizhny Novgorod, Rusia, Senin (18/6/2018) malam, mereka unggul 1-0. Gol tunggal Swedia dicetak oleh Andreas Granqvist pada menit 65 melalui titik putih.

Sejatinya, Swedia memulai pertandingan dengan berhati-hati. Sementara Korsen mendapatkan peluang lebih dulu ke jantung pertahanan Swedia, ketika Son Heung-Min mengirim umpan lewat sebuah tendangan bebas, namun bola berhasil dibuang ke luar lapangan. Peluang Swedia baru muncul ketika menit ke-18, melalui Andreas Granqvist yang berhadapan satu lawan satu dengan kiper. Namun Young-Gwon Kim beraksi cepat untuk membuang bola dengan tekelnya.

Ancaman kembali diberikan Swedia ke gawang Korsel dua menit kemudian. Marcus Berg mendapat bola di dalam kotak penalti dan tinggal berhadap-hadapan dengan Cho Hyun-woo, namun bola hasil sepakannya mengenai kaki sang kiper.

Andreas Granqvist dan VAR

Pada menit ke-65 Swedia baru mampu memecah kebuntuan melalui penalti sang kapten, Andreas Granqvist dan sedikit bantuan Video Assistant Referee (VAR).  Awalnya, wasit asal Argentina itu hanya menunjuk sepak pojok usai Kim Min-Woo menyapu bola dari kaki Viktor Claesson. Granqvist yang tampil sebagai eksekutor, sukses mengecoh Hyun-Woo untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Statistik Opta mencatat, gol Granqvist adalah penalti pertama Swedia di Piala Dunia sejak edisi Jepang-Korea Selatan 2002. Saat itu, Henrik Larsson mencetak gol dari titik putih ke gawang Nigeria. Buruknya penyelesaian akhir membuat Korea Selatan selalu gagal mengonversi peluang menjadi gol. Skor 1-0 untuk kemenangan Swedia bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Dengan kemenangan ini, membuat Swedia memiliki poin yang sama dengan Meksiko di peringak pertama dan kedua klasemen sementara. Sebelumnya, tim asal Amerika Tengah itu mengandaskan juara bertahan Jerman dengan skor tipis 0-1.

Susunan pemain Swedia

Robin Olsen (GK); Mikael Lustig, Andreas Granqvist, Pontus Jansson, Ludwig Augustinsson; Viktor Claesson, Sebastian Larsson (Gustac Svensson 81'), Albin Ekdal (Oscar Hiljemark 71'), Emil Forsberg; Marcus Berg, Ola Toivonen (Issac Thelin 77').


Susunan pemain Korea Selatan

Cho Hyun-Woo (GK); Lee Yong, Jang Hyun-soo, Kim Young-Gwon, Park Joo-ho (Kim Min-Woo 28'); Kim Shin-Wook, Ki Sung-yueng, Koo Ja-Cheol (Koo Ja-Cheol 72'), Lee Jae-sung; Son Heung-min, Hwang Hee-chan.