BREAKINGNEWS.CO.ID-Penyelesaian pembangunan jalan tol Trans Sumatera terus dikebut. Pemerintah mengharapkan sebagian besar dari ruas jalan tol Trans Sumatera ini sudah bisa diselesaikan sebelum Asian Games XVIII/2018. Tujuannya, memberi kemudahan bagi masyarakat di sebagian Pulau Sumatera untuk menyaksikan semaraknya kompetisi dari berbagai cabang olahraga yang dilangsungkan di kota Palembang dan sekitarnya mulai pertengahan Agustus mendatang.

Dari keseluruhan jalan tol Trans-Sumatera tersebut, sebagian sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, pada Januari 2018 lalu, yakni ruas Bakauheni-Terbanggi Besar. Total panjangnya mencapai 140,9 Km. Proyek ini menelan biaya investasi sebesar Rp 16,8 triliun.  Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Bakaheuni-Terbanggi Besar Paket 1 Bakauheni-Sidomulyo total sepanjang 14,5 kilometer (km), yaitu Segmen Pelabuhan Bakauheni-Simpang Susun (SS) Bakauheni sepanjang 8,9 km serta Paket 2 Sidomulyo-Kotabaru, yakni Segmen SS Lematang-SS Kotabaru sepanjang 5,6 km.

Peresmian itu diharapkan dapat mendorong agar jalan bebas hambatan dari Bakauheni hingga Palembang dapat diakses pada pelaksanaan Asian Games 2018. Hal itu juga yang ditekankan kembali oleh Komisaris Utama PT (Tbk) Pembangunan Perumahan (PP) Andi Gani Nena Wea saat melakukan peninjauan ke JTTS ruas Bakauheni-Sidomulyo, Kamis (26/7/2018). 

Andi Gani Nena Wea meninjau pembangunan ruas Bakauheni-Sidomulyo JTTS bersama Kapolda Lampung Irjen Pol.Suntana dan jajarannya. Ruas Bakauheni-Sidomulyo ini strategis untuk menuju Palembang, kota penyelenggara Asian Games XVIII/2018 bersama Jakarta. Dengan adanya ruas ini, pengguna jalan dari Pelabuhan Merak yang menyebrang dan turun di Pelabuhan Bakauheni, bisa memilih untuk langsung masuk langsung menggunakan jalan tol atau pun menggunakan jalan nasional biasa untuk melanjutkan perjalanan

Sebagaimana diketahui, dari keseluruhan Jalan Tol Trans Sumatera, PT PP  menggarap paket 1 ruas Bakauheni-Sidomulyo. Mengutip instagram PTPP @ptpp_id, dalam proyek Tol Trans Sumatera, PTPP mengerjakan paket 1 Ruas Bakauheni-Sidomulyo sepanjang 39,4 kilometer (km). Ruas sepanjang 39,4 km ini terbagi menjadi 3 seksi dari Pelabuhan Bakauheni hingga Simpang Susun Sidomulyo. 

Rinciannya, ruas Pelabuhan Bakauheni - Simpang Susun Bakauheni 8,9 kilometer, Simpang Susun Bakauheni - Simpang Susun Kalianda 18,9 kilometer, dan Simpang Susun Kalianda - Simpang Susun Sidomulyo 11,6 kilometer. 

Terkait dengan proyek yang dikerjakan oleh PT PP, Andi Gani Nena Wea selaku Komisaris Utama PT PP telah berulangkali melakukan peninjauan ke ruas JTTS Bakauheni-Sidomulyo.